Anies, Prabowo, Ganjar Bersiap Hadapi Debat Capres 7 Januari 2024, Baca Buku Hingga Dengar Masukkan

Anies, Prabowo, Ganjar Bersiap Hadapi Debat Capres 7 Januari 2024, Baca Buku Hingga Dengar Masukkan

Berita Nana4D – Tiga calon presiden Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo mulai melakukan persiapan untuk menghadapi Debat Capres Pilpres 2024 yang bakal digelar 7 Januari 2024.

Diketahui Debat Capres-Cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut akan mengangkat tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

Banyak pihak menilai bila tema yang diusung dalam debat ketiga Capres-cawapres tersebut akan dikuasi Prabowo Subianto, mengingat ia merupakan Menteri Pertahanan dan mantan anggota TNI.

Meskipun begitu, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo tetap optimis bisa menguasai panggung Debat Capres nanti dengan berbagai persiapan yang dilakukan mereka bersama timnya.

Durasi debat nanti adalah 120 menit yang dibagi dalam enam segmen seperti dua debat sebelumnya.

Lalu bagaimana persiapan para Capres dalam menghadapi Debat Capres 7 Januari 2024 nanti? Berikut ulasan yang dihimpun Tribunnews.com:

Anies Baswedan Baca Banyak Buku Hingga Dialog Bareng Tim

Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mulai mempersiapkan diri menghadapi debat Capres yang bakal digelar 7 Januari 2024.

Anies mengaku dirinya mulai melakukan persiapan dengan membaca banyak buku berkaitan dengan isu Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

Selain membaca buku, Anies Baswedan pun mempersiapkan diri dengan banya berdiskusi dengan tim dan tokoh-tokoh.

“Mulai baca-baca, ngobrol-ngobrol untuk me-refresh memori kita tentang tema-tema yang nanti akan diangkat di debat,” ungkapnya kepada wartawan di Yogyakarta, Minggu (31/12/2023).

Baca juga: Ditutup-tutupi Israel, Ini Penyakit yang Gerogoti Netanyahu Hingga Tubuhnya Dipasang Alat Pacu

Terpisah, anggota Dewan Pakar Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin), Sulfikar Amir menyakini Anies mampu mengatasi debat Capres ketiga.

“Insyaallah Pak Anies akan mampu memberikan performance yang sama seperti minimal di debat pertama,” ujar Amir di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/12/2023).

“Sebenarnya kalau kita lihat 5 debat ini kan mencakup begitu banyak masalah terkait dengan politik ekonomi Indonesia dan bagaimana dampaknya terhadap masyarakat dan bangsa Indonesia dan topik pertahanan, lalu kemudian geopolitik, hubungan internasional.”

“Ini adalah bagian dari politik ekonomi Indonesia,” katanya.

Amir menjelaskan, Anies akan memaparkan gagasan dan ide pasangan Anies-Muhaimin untuk menjaga dan memperkuat sistem pertahanan Indonesia.

Anies kemudian akan memaparkan bagaimana cara membangun diplomasi yang jauh lebih bijak dengan negara-negara lain berdasarkan nilai-nilai yang dianut bersama negara itu.

Amir menyebut kondisi geopolitik juga akan disorot oleh Anies dalam debat capres.

“Dan juga bagaimana kita mengarungi kondisi geopolitik yang semakin penuh dengan ketidakpastian.”

“Insyaallah nanti Pak Anies akan mampu memberikan semacam ide-ide yang lebih jelas dan akan lebih menguntungkan bagi pemerintah Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Heboh Pilot Elmer Syaherman Selingkuh dengan Pramugari, Kini Dipanggil Pihak Citilink, Dipecat?

Prabowo Subianto Tak Punya Persiapan Khusus Hadapi Debat

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto disebut tak memiliki persiapan khusus dalam neghadapi Debat Capres 7 Januari 2024.

Dilansir dari kompas.tv, Wakil Ketua TKN Habiburokhman mengatakan Prabowo Subianto sudah menguasi tema debat capres baik soal pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

“Tema-tema tersebut sangat dipahami Pak Prabowo,” kata Habiburokhman, Senin (1/1/2024).

Habiburokhman pun meyakini Prabowo akan menyampaikan gagasan-gagasan besarnya tentang pertahanan.

“Beliau akan sampaikan gagasan-gagasan besar beliau yang akan diimplementasikan dalam visi dan misi dan program paslon nomor 2,” ujar dia.

Pada debat besok, Habiburokhman meyakini Prabowo akan bisa meyakinkan rakyat, bahwa saat ini Indonesia membutuhkan pemimpin yang berani memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara di kancah internasional.

“Keberanian itu harus didasarkan pada pemahaman masalah, kami insyaAllah sangat optimis pada debat besok, akan berjalan mulus dan yang penting Pak Prabowo tidak akan menyerang paslon lain, lebih berkonsentrasi menyampaikan gagasan-gagasan beliau,” ucapnya.

Terpisah, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Ace Hasan Syadzali menyebut, tema debat ketiga merupakan Prabowo banget.

Menurutnya, latar belakang Prabowo sebagai Menteri Pertahanan akan menguntungkan Prabowo saat debat nanti.

“Debat yang ketiga itu Prabowo banget lah, soal pertahanan, hubungan luar negeri yang memang selama ini dia di situ sebagai Menteri Pertahanan,” katanya, dikutip dari YouTube KompasTV, Jumat (29/12/2023).

Meski demikian ia menekankan bahwa pihaknya tak memandang remeh kemampuan capres lain.

“Tapi tentu kita tidak mau underistimate kepada pasangan yang lain ya, bagaimana pun momen debat itu memiliki makna yang sangat penting,” katanya.

Ganjar Pranowo Kumpukan Masukkan Dari Tim Untuk Hadapi Debat Capres

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, pun diketahui sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi Debat Capres 7 Januari 2024.

Ganjar mengaku dirinya sudah melakukan persiapan matang, meskipun diakuinya tema itu menjadi pekerjaan sehari-hari Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto.

“Kita ketemu dengan tim terus-menerus. Jadi banyak sekali masukan, bukan hanya persoalan pertahanan dan keamanan, juga problem alutista, organisasi dunia yang diikuti Indonesia, bahkan relasi ekonomi,” ujar Ganjar di sela kunjungannya di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (30/12/2023).

Ganjar mengaku mendapat banyak masukan dari rekan-rekan di Komisi I DPR RI terkait berbagai persoalan pertahanan dan keamanan (Hankam), hubungan internasional, dan geopolitik.

Selain itu, Ganjar juga mempelajari posisi Indonesia di organisasi dunia, seperti ASEAN, PBB, G20, APEC, dan G7.

Di samping relasi ekonomi, ada juga masalah perbatasan, konflik geopolitik, dan masalah pengungsi.

“Jadi banyak sekali temanya dan sudah disiapkan. InsyaAllah, saya siap,” ujar Ganjar.

Saat ditanya apakah optimistis dapat berdebat dengan Prabowo karena tema debat ketiga dinilai sangat dikuasai Prabowo, Ganjar menjawab dengan tegas bahwa dia sangat optimistis.

“Oh saya sangat optimis, kalau soal menguasai debat nanti kita lihat karena tidak hanya berbicara pertahanan, tapi ada tema lainnya. Bicara soal pertahanan, kalau belinya pesawat bekas, enggak ada itu!” kata Ganjar.

Terpisah, Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa mengatakan, pihaknya sudah memberikan masukkan kepada Ganjar agar siap menghadapi Debat Capre.

Andika Perkasa mengatakan, penanganan pengungsi Rohingya salah satu materi yang diberikan tim ke Ganjar.

“Itu (masalah pengungsi Rohingya) kita memberikan masukan juga,” kata Andika dalam jumpa pers di Media Center TPN, Jalan Cemara, Menteng, Jakarta, Senin (1/1/2024)

Andika menyebut, TPN memberikan masukan isu Rohingya ke Ganjar terlepas apakah muncul dalam pertanyaan panelis maupun para capres.

“Nanti tergantung dari apakah pertanyaan itu muncul atau enggak,” ujar mantan Panglima TNI ini.

Dia memastikan mantan Gubernur Jawa Tengah itu siap dalam debat yang berhadapan dengan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Andika sendiri mengaku telah memberikan masukan kepada tim-tim untuk disampaikan ke Ganjar terkait persiapan debat.

“Hari Sabtu (30/12/2023) kemarin saya sudah memberikan masukan kepada tim yang akan mengumpulkan, menghimpun semua isu-isu yang kemudian nanti dilaporkan ke Mas Ganjar,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI