AS Tak ‘Aman’ Lagi, Ancaman Bom di Teror Para Pejabat

AS Tak 'Aman' Lagi, Ancaman Bom di Teror Para Pejabat

Kini Amerika Serikat (AS) tidak ‘aman’ lagi dari penyebar teror.

Sejumlah pejabat negeri Paman Sam mendaatkan ancaman adanya bom di sejumlah lokasi.

Ancaman itu dikirim melalui email secara massal ke para pejabat di sejumlah negara bagian di AS pada Rabu (4/1/2024).

Baca juga: Gibran Disebut Langgar Pergub DKI Jakarta Terkait Aksi Bagi-bagi Susu, Ini Sanksinya Berdasar Aturan

Ancaman tersebut sempat membuat sibuk aparat keamanan dan mendorong untuk melakukan evakuasi di beberapa gedung.

Peristiwa tersebut tentu saja mengganggu operasional pemerintahan seempat. “Yang kami dapatkan tidak ada bahan peledak yang ditemukan,” kata seorang polisi dikutip dari CNN global.

Dalam email ancaman yang dikirim pada Rabu pagi, penulisnya mengatakan mereka telah “menempatkan beberapa bahan peledak di dalam Gedung Kongres Anda.” Bom-bom ini “tersembunyi dengan baik di dalam” dan akan “meledak dalam beberapa jam,” kata email tersebut, menurut beberapa laporan. Pesan yang sama diterima oleh kantor-kantor pemerintah di setidaknya 23 negara bagian, menurut CNN.

Para pejabat yang menerima ancaman tersebut adalah pejabat dari Kentucky, Mississippi, Georgia, Connecticut, Michigan, Minnesota, Alaska, Hawaii, dan lainnya.

Sejumlah negara bagian mengevakuasi gedung-gedung pemerintah mereka setelah menerima peringatan tersebut. Tidak ada laporan ditemukannya barang mencurigakan selama penggeledahan.

Di Minnesota, ancaman bom mengganggu argumen lisan di Mahkamah Agung negara bagian di Capitol, yang harus dipindahkan ke ruang sidang lain, kata juru bicara Cabang Yudisial Minnesota Kyle Christopherson kepada AP.

Gubernur Kentucky Andy Beshear memposting tentang evakuasi gedung DPR negara bagian di X (sebelumnya Twitter), dengan mengatakan “kami mengetahui ancaman serupa yang dilakukan terhadap kantor-kantor lain di seluruh negeri.”

Gabe Sterling, chief operating officer di kantor Menteri Luar Negeri Georgia, menulis di X bahwa akan ada “agen kekacauan yang menyebarkan perselisihan untuk tahun 2024” dan mendesak warga untuk tidak membiarkan mereka “meningkatkan ketegangan.”

Beberapa jam kemudian, Sterling melaporkan bahwa keluarganya sendiri telah menjadi korban “swatting,” dan mengatakan bahwa 911 menerima telepon bahwa “kesepakatan narkoba menjadi buruk,” yang mengakibatkan penembakan di rumahnya.

FBI kemudian mengeluarkan pernyataan pada hari Rabu, menyebut ancaman email tersebut sebagai “tipuan” yang dianggap “sangat serius” karena bahaya yang ditimbulkannya terhadap orang-orang yang tidak bersalah, lapor beberapa outlet berita.

Baca juga: Korban Tewas Gempa Dahsyat Jepang Tambah Jadi 73 Orang

Biro tersebut menambahkan bahwa sejauh ini “tidak ada informasi yang menunjukkan ancaman spesifik dan kredibel,” namun mengatakan pihaknya akan terus menyelidiki kasus-kasus tersebut.

Insiden-insiden tersebut terjadi setelah serentetan insiden “pukulan” – laporan palsu tentang tembakan di rumah tokoh masyarakat.

Pekan lalu, orang-orang iseng menargetkan sejumlah pejabat AS dengan panggilan telepon tersebut, serta spekulan mata uang miliarder George Soros.

Petugas penegak hukum dipanggil ke rumah spekulan mata uang miliarder George Soros di Long Island pada hari Sabtu oleh penelepon 911 yang mengklaim dia baru saja menembak istrinya, kata Polisi Southampton kepada wartawan pada hari Senin.

Namun, laporan tersebut palsu – insiden terbaru berupa “pukulan” yang menimpa seorang tokoh terkenal di tengah meningkatnya insiden serupa menjelang liburan tahun ini.

Seorang petugas yang menangani kejadian di kawasan Jalan Kota Tua Soros mengklaim bahwa dia telah “berbicara dengan pihak keamanan [dan] menggeledah lokasi tersebut. Itu adalah masalah yang negatif,” ungkap rekaman lalu lintas radio polisi yang diperoleh New York Post.

Tidak diketahui apakah Soros atau salah satu anggota keluarganya, yang difoto sedang berlibur di Barbados minggu lalu, ada di rumah pada saat panggilan iseng tersebut dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI