Berburu Kuliner Cirebon Saat Long Weekend Idul Adha dari Rujak Gamel Hingga Es Cuwing

Berburu Kuliner Cirebon Saat Long Weekend Idul Adha dari Rujak Gamel Hingga Es Cuwing

BERITA NANA4D – Bingung menghabiskan long weekend Idul Adha? Kota Cirebon di Jawa Barat bisa menjadi tujuan menghabiskan libur panjang bersama keluarga dan mencoba berbagai macam kuliner legendaris khas Kota Udang.

Hanya kurang lebih tiga jam dari Jakarta, Kota Cirebon menjadi salah satu alternatif kota yang dapat dikunjungi untuk berlibur di long weekend kali ini. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam kuliner khas Cirebon hingga mengunjungi lokasi wisata yang sedang hits di Kota Cirebon.

Berikut kuliner yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Cirebon:

1. Nasi Jamblang Mang Dul adalah salah satu kuliner khas Cirebon yang bisa dicoba oleh wisatawan. Nasi yang dengan isian lauk seperti ikan, ayam, tauco ataupun tahu tempe dengan sambal khas Cirebon dan dibungkus menggunakan daun jati yang membuat aromanya khas dan wangi. Ketika terdengar kota Cirebon, Empal Gentong akan selalu terngiang di kepala. Dengan sentuhan santan yang gurih, dan disajikan dengan gentong yang membuat empal gentong terlihat unik.

BACA JUGA : Presiden Jokowi dan Iriana Akan Salat Idul Adha di Lapangan Simpang Lima Semarang

Salah satu Empal Gentong yang terkenal di Cirebon adalah Empal Gentong H. Apud. Untuk melengkapi kuliner Cirebon, Pengunjung dapat menginap dan menikmati Kota Cirebon menghabiskan long weekend Idul Adha bersama keluarga. Salah satu hotel yang dapat menjadi tujuan wisatawan di Kota Cirebon adalah Patra Cirebon Hotel and Convention di Jl. Tuparev Nomor 11, Patra Kota Cirebon. Hotel ini salah satu unit Hotel Bintang empat milik Patra Jasa yang menghadirkan nuansa budaya khas Cirebon yang kental dengan sentuhan batik Megamendung pada kamar dan design interiornya sebagai pilihan customer untuk menginap saat mengunjungi Kota Cirebon.

I Gusti Made Juniarta GM Patra Cirebon Hotel and Convention mengatakan dengan menginap di Patra Cirebon, para tamu dapat berwisata kuliner dengan mudah, mengingat lokasi hotel berada di lokasi strategis. “Wisatawan dapat mencicipi kuliner khas Cirebon, seperti Empal Gentong H. Apud, Nasi Lengko H. Barno, Nasi Jamblang Mang Dul dan Ketan Bumbu Bu Yudi,” katanya.

Patra Cirebon juga memiliki fasilitas infinity pool yang terletak di rooftop Hotel dengan pemandangan Kota Cirebon dan Gunung Ciremai yang menawan.”Terdiri dari 12 lantai dan memiliki jumlah sebanyak 168 kamar dengan desain modern, 7 ruang pertemuan, dan 1 Ballroom besar dengan kapasitas 900 orang serta dilengkapi tempat parkir yang memadai. Menyambut libur lebaran Idul Adha tahun ini, kami memiliki berbagai macam promo HoliDeals mulai dari Rp 800.000,- net/malam dan diskon sebesar 20 persen bagi customer yang ingin menyewa sepeda minimal 2 jam. Yang berlaku dari tanggal 15 – 30 Juni 2024,” ujar Made Juniarta.

2. Ketan Bumbu Bu Yudi

Ketan Bumbu Ibu Yudi merupakan inovasi produk ketan persembahan Toko Bonschery Cake and Bakery yang diolah dan diberi bumbu serundeng. Selain dijual di Bonschery, Ketan Bumbu Ibu Yudi juga tersedia di Toko Oleh-oleh Sinta, Toko Oleh-oleh Daud, Toko Oleh-oleh Ade, dan Empal Gentong H.Apud setiap hari Sabtu dan Minggu. Ketan Bumbu Ibu Yudi ini terletak di Jalan Pamitran Nomor 48 Cirebon.

ketan bumbu

3. Nasi Lengko

Nasi lengko berisi tauge, daun kucai, timun, tempe dan tahu lalu disiram saus kacang. Rasa dari nasi lengko ini gurih dan pedas serta sedikit manis. Nasi lengko legendaris adalah Nasi Lengko Haji Barno yang lokasinya ada di Jalan Pagongan No. 15B, Kejaksan, Cirebon.

Berikut ini cara membuat nasi lengko khas Cirebon, Jawa Barat. Resep mudah dibuat dan cocok disajikan untuk menu makan siang.

4. Es Cuwing

Es cuwing adalah es cincau yang disajikan bersama dengan bubur sumsum, kelapa, santan, cendol dan disiram gula jawa cair. Rasa es cuwing yang manis dan legit ini sangat cocok dinikmati siang hari karena terasa menyegarkan.

BACA JUGA : Kronologi Lansia di Malang Tewas Tak Wajar di Rel Kereta, Polisi Temukan Uang Rp 6,8 Juta

Es cuwing legendaris yang rasanya enak dan harganya murah bisa ditemui di Jalan Kartini, Kejaksan, Cirebon.

Es Cuwing khas Cirebon

5. Kue Tapel

Kue tapel adalah kue tradisional Cirebon yang bahan utamanya menggunakan ketan, pisang, dan santan kelapa. Kue tapel ini masih dimasak dengan cara sangat tradisional yaitu memakai tungku kayu bakar, kemudian adonannya bakal dipenyet sambil kulitnya garing dan diberi isian pisang.

Tempat makan kue tapel legendari ini berlokasi di Jalan Pagongan, Gang Alas Demang 3 No.35 (samping nasi lengko Pak Sadi), Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon.

6. Rujak Gamel

Gamel sendiri diambil dari nama Desa Gamel yang berada di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Lokasi tepatnya, berada di komplek pemakaman Ki Buyut Asup, salah satu penyebar agama Islam di Cirebon. Dari komposisinya, Rujak Gamel tak jauh berbeda dengan rujak pada umumnya.

Isinya rebusan kangkung, kulit minja, toge, mie, kol, mentimun tahu dan gorengan, bahkan ada telur pindang. Bedanya, Rujak Gamel dilengkapi dengan ‘kerupuk teles’ atau kerupuk basah.

Kerupuknya direbus, tak digoreng. Teksturnya kenyal. Sensasi pedas rujak gamel dihasilkan dari sambal terasi. Apalagi, terasi yang digunakan untuk Rujak Gamel adalah terasi khas Cirebon. Rasanya yang pedas dan menggoyang lidah bikin ketagihan.

BACA JUGA : Komimfo Ancam Blokir karena Konten Porno, DPR Minta X Patuhi Aturan Hukum Indonesia

rujak gamel

7. Bubur M Toha

Berburu kuliner malam di Cirebon, Jawa Barat jangan sampai lewatkan kelezatan Bubur M Toha. Tempat ini menyediakan menu bubur ayam lengkap dengan segala topingnya yang lezat.

Jika bosan, kalian juga bisa memesan bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam disini. Harganya yang cukup terjangkau dan cita rasa yang lezat membuat kuliner ini selalu amai dikunjungi pelanggan terutama malam hari.

8. Mie Colot

Cirebon memang memiliki banyak kedai yang menjual mi, namun yang paling terkenal adalah Mie Colot. Konon, tempat makan ini sudah ada sejak 1983 silam. Meski berupa kuliner kaki lima, namun cita rasa yang disajikan sangatlah nikmat. Bahkan, terkadang para pembeli harus rela mengantre untuk menyantap kuliner ini.

Mie colot ini memiliki tekstur mie yang cukup kenyal dan tidak rapuh, akan tetapi tidak keras saat dimakan. Untuk isian topping di kuahnya, ada berbagai macam topping yang bisa kita pilih, seperti isian siomay, baso tahu, pangsit, otak-otak, dan bakso. Biasanya yang cukup diminati oleh pengunjung adalah menu yamin manis spesial komplit, selain yang memiliki isian yang cukup komplit, menu ini juga cukup mengenyangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI