Chaos di Israel, Puluhan Ribu Warga Israel Demo Besar-besaran di Tel Aviv, Terbesar Sejak 7 Oktober

Chaos di Israel, Puluhan Ribu Warga Israel Demo Besar-besaran di Tel Aviv, Terbesar Sejak 7 Oktober

BERITA NANA4DIsrael berada dalam kekacauan ketika protes terbesar sejak 7 Oktober meletus.

Keluarga tahanan Israel baru-baru ini menunjukkan rasa frustrasi yang luar biasa atas sabotase Netanyahu terhadap perjanjian pertukaran dengan Hamas.

BACA JUGA : Peserta Sidang Tertawa saat Ketua MK Ingatkan Hotman Paris: Jangan Terlalu Bersemangat

Puluhan ribu warga Israel berkumpul di Tel Aviv dan kota-kota lain yang diduduki pada malam tanggal 30 Maret untuk melakukan protes terhadap Perdana Menteri mereka, Benjamin Netanyahu.

Untuk pertama kalinya, keluarga para tahanan Israel yang ditahan oleh kelompok perlawanan di Gaza, yang biasanya mengadakan demonstrasi terpisah, bergabung dengan kerumunan besar pengunjuk rasa anti-pemerintah – yang gerakannya awalnya dimulai dengan inisiatif perombakan kontroversial yang dilakukan perdana menteri tahun lalu.

“Unjuk rasa telah berakhir, protes baru saja dimulai,” kata juru bicara Forum Sandera dan Keluarga Hilang, Haim Rubinstein.

Polisi Israel menahan lebih dari selusin orang dan menggunakan meriam air terhadap para pengunjuk rasa – yang memblokir jalan-jalan utama di Tel Aviv.

Sekitar seribu orang melakukan protes di luar kementerian pertahanan Israel di Tel Aviv, menuntut kesepakatan pertukaran tahanan segera.

Para pengunjuk rasa juga bentrok dengan polisi di Yerusalem, di mana sekitar 200 orang mengamuk melalui barikade polisi untuk melakukan protes di luar rumah Netanyahu di kota suci yang diduduki.

Di Kaisarea yang diduduki, pengunjuk rasa ditangkap saat memotong jalan di dekat kediaman perdana menteri.

Protes meletus di sejumlah kota lain yang diduduki, termasuk Sderot, Or Akiva, dan Beersheba. Ini adalah demonstrasi terbesar sejak pecahnya perang pada tanggal 7 Oktober, The Times of Israel melaporkan.

Perwakilan dari pengunjuk rasa anti-pemerintah mengadakan pertemuan bulan lalu dengan anggota dinas keamanan Shin Bet – yang bertujuan untuk mencegah penyeberangan Garis Merah, seperti yang diperingatkan oleh Shin Bet pada saat itu bahwa para pengunjuk rasa mencoba menerobos batas wilayah tersebut.

Rumah pribadi Netanyahu bisa saja menjadi sasaran tembak, menurut Haaretz.

Demonstrasi tersebut menyusul pernyataan yang dikeluarkan oleh keluarga tahanan yang menyebut perdana menteri Israel sebagai penghalang untuk mencapai kesepakatan.

Anggota keluarga tentara yang dipenjara di Gaza bertemu dengan Netanyahu pada tanggal 28 Maret, mengungkapkan kekesalan dan kemarahan yang mendalam atas kegagalan mencapai kesepakatan.

BACA JUGA : Kesaksian Ketua RT Ungkap Dahsyatnya Ledakan Gudang Peluru TNI: Kayak Perang, Ada 5 Granat Terlempar

Sumber intelijen senior di tim perunding Israel Nitzan Alon dikutip oleh Haaretz mengatakan, “Ada semakin banyak tanda bahwa [Netanyahu] melakukan hampir segala kemungkinan untuk menunda, menunda, dan merusak peluang kesepakatan untuk membebaskan para sandera.”

Rasa frustrasi ini muncul ketika Netanyahu baru saja meninggalkan putaran perundingan terakhir di Qatar, yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dan pertukaran tahanan.

Hamas terus berpegang pada persyaratannya untuk mengakhiri permusuhan secara permanen, menarik pasukan Israel dari Gaza, mengizinkan distribusi bantuan ke seluruh Jalur Gaza, dan memulangkan para pengungsi, yang telah berulang kali ditolak Israel selama perundingan dalam beberapa bulan terakhir.

“Puluhan ribu warga Israel berunjuk rasa di Tel Aviv malam ini, menyerukan Netanyahu agar berbuat lebih banyak untuk membebaskan sandera yang ditahan oleh Hamas di Gaza. Ini merupakan demonstrasi terbesar sejak 7 Oktober” tulis akun X, Barak Ravid.

“Protes Besar-besaran sedang berlangsung malam ini di Tel Aviv. Warga Israel berbaris di sepanjang Jalan Dizengoff di Tel Aviv mendesak pembebasan para sandera” tulis akun @World_At_War_6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI