Dikuasai Preman dan Pengedar Narkoba, Apakah Jimmy ‘Barbecue’ Chérizier Bakal Memimpin Haiti?

Dikuasai Preman dan Pengedar Narkoba, Apakah Jimmy 'Barbecue' Chérizier Bakal Memimpin Haiti?

BERITA NANA4DHaiti kini benar-benar dikuasai oleh kelompok preman dan pengedar narkoba. Sang Perdana Menteri Ariel Henry, telah mengundurkan diri dan memilih tinggal di negara lain, Puerto Rico.

Saat ini pemerintahan negara di kepulauan Karibia Amerika tengah tersebut sementara dikendalikan oleh dewan presiden.

Lantas siapa yang bakalan maju menjadi Perdana Menteri Haiti yang baru? saat ini masih tanda tanya.

Ada yang memprediksi bos gangster Jimmy Chérizier yang bakalan naik sebagai pemimpin baru Haiti.

BACA JUGA : Donny Kesuma Beri Pesan sebelum Meninggal Dunia, Minta sang Anak untuk Jaga Nama Baik Keluarga

Pria berjuluk ‘Barbecue’ ini adalah bos gangster yang berhasil menggulingkan PM Henry.

Barbecue adalah salah satu gembong narkoba yang mampu mempersatukan geng-geng dan para sindikat pengedar narkoba hingga mampu berkuasa di negara miskin tersebut.

Namun selain Jimmy Chérizier, kata para analis dikutip oleh Washington Post, masih ada sosok yang lebih cocok memimpin Haiti.

Menurut beberapa orang Chérizier bukanlah profil pemimpin geng yang paling berkuasa di Haiti, ia hanya paling menonjol karena sering menampakkan diri dan begitu terkenal saat ini karena jatuhnya pemerintahan Henry.

Christopher Sabatini, peneliti senior Amerika Latin di Chatham House London mengatakan, tokoh lain yang cocok di bidang politik adalah Guy Philippe.

Philippe lebih lama dikenal di Haiti karena sepak terjangnya di dunia politik Haiti.

Ia disebutkan menjadi komandan pemberontakan yang menggulingkan presiden saat itu Jean-Bertrand Aristide pada 2004 silam.

Guy Philippe ditahan oleh Amerika Serikat karena keterlibatannya dengan pencucian uang dan terkait perdagangan narkoba. Ia dibebaskan tahun lalu.

Philippe juga turut menyerukan agar Henry mengundurkan diri.

Namun Sabatini mengatakan bahwa pengaruh Barbecue Chérizier masih cukup besar.

Chérizier “jelas telah mengisi kekosongan tersebut,” kata Christopher Sabatini, peneliti senior Amerika Latin di Chatham House London.

“Di saat-saat kekosongan dan krisis politik ini, para pemimpin baru bermunculan.”

BACA JUGA : Kronologi 6 WNI di Hong Kong Rampok Jam Tangah Mewah Total Rp 12 Miliar

Pengaruh Chérizier di jalanan, kata Sabatini, simpanan senjatanya, dan kendalinya atas sebagian besar ibu kota dapat memberinya “hak veto yang efektif” atas usulan dewan transisi kepresidenan dan pemilihan umum.

“Dia menjadi pusat perhatian, dia lebih banyak hadir di media dibandingkan kebanyakan orang, dia bermain di depan penonton,” kata Sabatini. Dia adalah “salah satu faktor dalam dinamika kekuasaan saat ini.”

Carlos Solar, peneliti senior keamanan Amerika Latin di lembaga pemikir Royal United Services Institute yang berbasis di London, mengatakan Chérizier memiliki kekuatan yang tangguh.

“Kami telah melihat masuknya senjata secara besar-besaran,” katanya, “yang berarti bahwa setiap kekuatan multinasional harus dipersenjatai habis-habisan, seperti yang dilakukan Jimmy dan geng lainnya.”

Solar yakin Chérizier menyadari pengaruhnya dalam negosiasi masa depan Haiti dan mungkin “ingin menjadi politisi suatu saat nanti.”

“Dia bilang dia bukan gangster. Dia mengaku mewakili rakyat dan berusaha melegitimasi dirinya sendiri,” kata Solar. “Jika pemerintahan baru datang, apa yang akan mereka lakukan terhadap Jimmy dan para pemimpin geng lainnya? Mereka tidak akan meletakkan senjata dengan mudah.”

Jika Haiti ingin maju, kata Solar, gencatan senjata atau “perjanjian informal” dengan geng-geng tersebut mungkin diperlukan. Namun kolusi antara pemerintah dan tersangka penjahat sangat tidak populer di kalangan masyarakat Haiti.

BACA JUGA : Bea Cukai Kediri Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal di Kabupaten Nganjuk lewat Operasi pasar

Haiti, yang dilanda sejarah panjang korupsi politik, kekerasan geng dan eksploitasi ekonomi, adalah negara termiskin di Belahan Barat.

“Setiap hari warga Haiti terjebak di tengah baku tembak antara lembaga pemerintah dan geng,” kata Solar. “Sangat kecil harapan bagi mereka.”

“Ketidakpercayaan, bahkan kebencian, masyarakat Haiti terhadap kelas politik semakin mendalam,” kata Sabatini, dan Chérizier mampu memanfaatkan hal tersebut.

“Dalam kekerasan dan ancamannya, dia menangkap kemarahan rakyat dengan cara yang tidak dan tidak bisa dilakukan oleh politisi saat ini.”

Konversi yang dilakukan Chérizier terhadap “jaringan organisasi kriminal yang terfragmentasi dan kacau yang bersifat agresif menjadi satu agenda politik,” merupakan pencapaian penting, katanya. Hal ini mengubahnya menjadi “pengusaha kriminal dan politik.”

Dalam janji Henry untuk mengundurkan diri, Solar berkata, Chérizier “mendapatkan apa yang diinginkannya.” Namun seberapa besar peran yang akan dia mainkan di masa depan masih belum jelas.

“Dia akan menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan,” kata Sabatini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI