Eks Presiden Korsel Moon Jae In Angkat Bicara soal Kematian Lee Sun Kyun, Kritik Investigasi Polisi

Eks Presiden Korsel Moon Jae In Angkat Bicara soal Kematian Lee Sun Kyun, Kritik Investigasi Polisi

Berita Nana4D – Mantan Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae In angkat bicara terkait kabar meninggalnya aktor Lee Sun Kyun.

Kabar kematian Lee Sun Kyun belakangan ini menghebohkan publik hingga menarik perhatian berbagai pihak termasuk Mantan Presiden Korea Selatan.

Moon Jae In membagikan pendapatnya lewat pernyataan yang diunggah di media sosial Facebook pada Kamis (28/12/2023).

Dalam postingannya mantan presiden Korea Selatan itu menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya aktor Lee Sun Kyun secara tidak wajar.

Ia juga menyampaikan apresiasinya terhadap film-film Lee Sun Kyun, mengingat bahwa sang aktor sudah membintangi banyak judul film dan drama terkenal.

Eks presiden Korea Selatan itupun merasa sangat dekat dan kenal dengannya karena sering menonton hasil karya sang aktor.

Baca juga: YG Entertainment Umumkan BLACKPINK Tak Perpanjang Kontrak Individu

Bahkan ia mengungkapkan rasa kehilangan seorang teman dengan meninggalnya aktor tersebut.

“Saya berduka atas kematian tragis aktor Lee Sun Kyun. Sebagai seorang aktor yang saya kenal melalui film dan drama, rasanya seolah-olah seorang kenalan dekat telah meninggalkan dunia ini,” tulisnya, melansir Allkpop, Jumat (29/12/2023).

Lebih lanjut Moon Jae In juga menyayangkan sebab kematian Lee Sun Kyun tersebut yang menurutnya datang dari aksi berlebihan pihak Kepolisian Incheon dan media.

Sebab, mereka dianggap terlalu menyudutkan Lee Sun Kyun dalam tuduhan narkoba yang menjeratnya sejak Oktober 2023 lalu.

Oleh karena itu Moon Jae In mengkritik dan mengecam aksi peliputan media dan investigasi polisi.

“Praktik investigasi yang dilakukan lembaga dan praktik yang dilakukan oleh pemberitaan media sangatlah ekstrem. Bahkan, lebih menyedihkan karena ini tampak seperti sebuah pilihan yang seharusnya tidak perlu dipilih.”

“Hal ini bahkan lebih menyayat hati karena tampaknya praktik investigasi lembaga penegak hukum dan perilaku pemberitaan media adalah katalis bagi keputusan tragisnya,” ujar Moon Jae In.

Presiden yang pernah menjabat pada 2017 hingga 2022 itu menyindir para penegak hukum di Korea Selatan dan berharap Lee Sun Kyun ini bisa menjadi bentuk introspeksi.

Baca juga: MAKI Bakal Gugat Keppres Jokowi ke PTUN jika Firli Bahuri Diberhentikan dengan Hormat, Ini Alasannya

Sang mantan presiden pun berhatap agar ke depannya proses investigasi kepolisian maupun pemberitaan di media tidak berujung pada kejadian tragis yang sama lagi.

“Saya sangat berharap ini bisa menjadi momen refleksi. Penting bagi kita untuk menghindari metode investigasi yang tidak tepat dan pelaporan yang tidak tepat. Dengan cara ini, kita dapat memastikan bahwa kejadian menyedihkan dan disesalkan seperti itu tidak akan terulang kembali.”

“Sudah saatnya kita mengakhiri penyebaran rincian terkait kasus ini di media tanpa adanya tuntutan pidana. Ini tidak hanya merugikan reputasi orang lain tetapi juga mendorong mereka mengambil keputusan ekstrem,” tegas Moon Jae In.

Aktor Parasite, Lee Sun Kyun meninggal dunia pada Rabu (27/12/2023) sekira pukul 10.30 waktu setempat.

Setelah sebelumnya ia ditemukan tergeletak di mobil pribadinya di parkiran Waryong Park, Jongno-gu, Seoul.

Lee Sun Kyun diduga mengakhiri hidup dengan menggunakan briket arang yang berada di jok penumpang mobil miliknya.

Sebelum ditemukan meninggal, sang istri, Jeon Hye-jin menemukan sebuah surat yang ternyata merupakan wasiat dari Lee Sun Kyun.

Berdasarkan laporan dari TV Chosun, surat tersebut berisi pesan dari Lee Sun Kyun kepada sang istri.

Adapun isi surat wasiat tersebut diduga bermaksud untuk memberitahu Jeon Hye-jin terkait cara Lee Sun Kyun mengakhiri hidupnya.

“Tidak ada cara lain yang bisa dilakukan. Ini satu-satunya cara,” demikian isi surat Lee Sun Kyun.

Ternyata isi surat wasiat tersebut tidak hanya ditujukan kepada sang istri tetapi agensi yang menaungi Lee Sung Kyun, HODU&U Entertainment.

Pada surat tersebut, pemeran drama korea Pasta itu menuliskan permintaan maaf soal biaya penalti iklan dan film yang harus dibayarkan agensi akibat dirinya telah melanggar kontrak yang telah disepakati.

“Saya minta maaf karena biaya penalti untuk iklan dan filmnya sangat tinggi,” tulis Lee Sun Kyun.

Dalam kariernya, Lee Sun-kyun dikenal lewat perannya di beberapa film seperti My Mister, Kingmaker, hingga film Best Picture Oscar, Parasite.

Akting Lee Sun Kyun dikenal dunia internasional lewat perannya di Film Parasite karya sutradara Bong Joon Ho, mengutip The Korea Times.

Aktor berusia 48 tahun ini meraih Piala Oscar lewat film Parasite pada Academy Awards pada tahun 2020.

Diketahui Parasite menang Palme D’or di Cannes Film Festival 2019, lalu juga nominasi dan pemenang Best Picture di Oscar.

Lee Sun Kyun pun hadir menerima penghargaan tersebut bersama para pemain Parasite di Dolby Theatre pada 9 Februari 2020.

Sebelum terjerat kasus dugaan penyalahgunaan narkoba, Lee Sun Kyun seharusnya turut membintangi drama Korea berjudul No Way Out dan berperan sebagai Baek Joong Sik yaitu petugas polisi yang melindungi warga dari penjahat keji.

Namun, peran tersebut batal diperankan Lee Sun-kyun usai dirinya tersandung kasus narkoba di tempat hiburan malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI