Hotman Paris Menjalani Operasi Pemasangan Ring Jantung

Hotman Paris Menjalani Operasi Pemasangan Ring Jantung

BERITA NANA4D Pengacara kondang Hotman Paris mengungkap kondisinya yang sempat mengalami penyumbatan pembuluh darah beberapa waktu lalu. Kondisi ini membuatnya harus menjalani prosedur pemasangan ring jantung.
Hotman Paris mengatakan dirinya memasang tiga ring sekaligus karena kondisinya itu. Mengacu pada hasil pemeriksaan, ia mengalami penyumbatan pembuluh darah hingga 70 persen.

Dilihat dari hasil CT scan, menunjukkan adanya pembuluh darah yang sudah merah tiga perempatnya dan ada yang hampir putus.

“Jadi itu saran saya kepada orang-orang, walaupun tidak ada gejala, walaupun Anda langsing, selalu sering check up di CT Scan,” beber Hotman yang dikutip dari InsertLive.

“Saya tidak tahu, tapi dengan berjalan waktu makanan itu mengendap, jadi terjadi penyumbatan. Jadi saya ada tiga cincin, ring tiga,” sambungnya.

Meski pemasangan ring jantung hanya membutuhkan waktu yang sebentar, fungsinya sangat besar untuk pasien. Pada kesempatan berbeda, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Dr dr Jajang Sinardja, SpJP(K), mengatakan pemasangan ring ini akan membuka aliran darah yang tersumbat dan bisa mengalir seperti normal.

dr Jajang mengungkapkan umumnya, pasien yang melakukan pemasangan ring jantung bisa segera kembali beraktivitas dengan normal. Tetapi, itu kembali lagi pada kondisi pasiennya sendiri.

“Tergantung seberapa parahnya kondisi pasien, itu akan menentukan pasien untuk balik beraktivitas bisa cepat atau nggak. Tapi, kalau dia nggak terlalu parah, begitu dibuka aliran darahnya yang tersumbat, pasiennya sudah sanggup beraktivitas,” ungkap dr Jajang pada detikcom, Jumat (20/10/2023).

“Biasanya dalam 2-3 hari, kita suruh mobilisasi pelan-pelan dan aktivitas di rumah bertahap mengikuti. Jadi, disesuaikan saja,” lanjut dia.

Namun, jika kondisi pasien cukup parah harus disertai dengan mengkonsumsi obat untuk mengatasi masalah penyumbatan pembuluh darah itu, meski sudah dipasang ring.

“Dipasang ring ini untuk membuat aliran darah terbuka lagi, tapi tidak serta merta bisa langsung balik ke semula. Jadi, aliran darah yang tersumbat bisa mengalir lagi, dan yang sudah rusak dibantu dengan obat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI