Kopilot Acungkan Senjata ke Pilot Ancam Tembak Bila Alihkan Penerbangan

Kopilot Acungkan Senjata ke Pilot Ancam Tembak Bila Alihkan Penerbangan

Berita Nana4D – Seorang kopilot mengacungkan senjata api kepada pilot yang ingin mengalihkan penerbangan karena darurat medis. Kopilot ini pun berujung disidang di meja hijau.

Jumat (3/11/2023) seorang pilot bernama Jonathan Dunn didakwa atas tuduhan melakukan intimidasi terhadap kru di dalam penerbangan. Dia yang saat itu menjadi kopilot mengacungkan senjata kepada kapten yang ingin mengalihkan penerbangan karena darurat medis.

Dugaan insiden tersebut terjadi pada penerbangan 22 Agustus 2022, kata kantor inspektur jenderal Departemen Perhubungan dalam rilis. Namun mereka tidak menyebutkan secara spesifik maskapai tempat pilot bekerja atau tujuannya.

Namun, juru bicara Delta Airlines mengonfirmasi bahwa Dunn sedang bekerja untuk Delta sebagai first officer Delta pada saat kejadian tersebut.

Menurut inspektur jenderal, Dunn, kopilot, berselisih dengan kapten, yang ingin mengalihkan penerbangan karena kondisi medis penumpang saat itu. Dunn kemudian diduga mengatakan kepada kapten bahwa mereka akan ditembak beberapa kali, jika penerbangan dialihkan.

Para pejabat tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana situasi tersebut terjadi.

Baca juga : Diduga Ibunda Sebut Sandrinna Michelle Dicuci Otak Lapor KPAI

Kenapa pilot bisa bawa senjata ke pesawat?

Dunn diberi wewenang untuk membawa senjata sebagai bagian dari program Petugas Dek Penerbangan Federal Administrasi Keselamatan Transportasi. Petugas dek penerbangan federal adalah pilot maskapai penerbangan yang diberi wewenang oleh TSA untuk dipersenjatai di kokpit pada penerbangan domestik.

Pilot menjalani pelatihan khusus dan diberikan senjata yang dikeluarkan TSA untuk mempertahankan dek penerbangan dari upaya pembajakan.

Dikutip dari The Messenger, Dunn adalah petugas pertama atau kopilot pada penerbangan 22 Agustus 2022 dan diberi wewenang untuk membawa senjata api berdasarkan program yang dijalankan oleh Administrasi Keamanan Transportasi.

Dalam urat dakwaan federal, menuduh bahwa Dunn “memang menggunakan senjata berbahaya dalam menyerang dan mengintimidasi anggota kru,” tulis dakwaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI