Pantai Pandawa Bali Rute, Daya Tarik Wisata, hingga Harga Tiket

Pantai Pandawa Bali Rute, Daya Tarik Wisata, hingga Harga Tiket

Berita Nana4D – Pantai Pandawa adalah pantai dengan pasir putih yang terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Badung, Bali. Menurut sejarahnya sebelum dikenal dengan sebutan Pandawa, pantai ini lebih dulu dikenal penduduk sekitar sebagai Pantai Kutuh sesuai dengan nama daerahnya.

Ciri khas dari Pantai Pandawa yaitu memiliki dua tebing tinggi dan besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti.

Sementara keenam patung tersebut secara berurutan ditampilkan sejajar, mulai dari posisi tertinggi dan diberi nama Dewi Kunti, kemudian lima ksatria Pandawa, yaitu Dharmawangsa (Yudhistira), Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa, yang membuat pantai ini pun disebut sebagai Pantai Pandawa.

Selain melihat patung-patung bersejarah, ada banyak daya tarik yang bisa dijelajahi di Pantai Pandawa. Berikut informasi selengkapnya yang dirangkum berbagai sumber.

Rute ke Pantai Pandawa

Berlibur ke Bali dan ingin mengunjungi Pantai Pandawa? Pengunjung bisa memilih rute-rute berikut, lengkap dengan estimasi waktu tempuhnya.

1. Bandara Ngurah Rai

Dari Bandara Ngurah Rai menuju Pantai Pandawa berjarak sekitar 20-22 km dengan waktu berkendara 40 menit. Anda bisa memilih jalur via Benoa Toll Road atau Jalan Tol Bali Mandara lalu ikuti petunjuk ke Pantai Pandawa.

Baca Juga : BMKG Jelaskan Alasan Cuaca Terasa Lebih Panas dari Angka Suhu

2. Nusa Dua

Dari Nusa Dua menuju Pantai Pandawa tergolong dekat yang berjarak sekitar 10 km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Anda bisa melalui Jalan Raya Nusa Dua Selatan kemudian ikuti jalur Jalan Pantai Pandawa.

3. Uluwatu

Dari Uluwatu menuju Pantai Pandawa berjarak sekitar 15 km dengan waktu tempuh perjalanan 35 menit. Anda bisa menyusuri Jalan Raya Uluwatu Pecatu kemudian memilih jalan Pura Batu Pageh untuk akses yang lebih dekat.

4. Seminyak, Kuta, Canggu

Dari Seminyak, Kuta, dan Canggu menuju Pantai Pandawa berjarak kurang lebih 35 km dengan waktu tempuh 1 jam lebih perjalanan. Anda bisa melewati Benoa Toll Road atau Bypass Ngurah Rai dengan jarak yang tak jauh berbeda.

Umumnya, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pandawa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat yang disewa selama seharian dari jasa sewa mobil-motor. Mengingat, tidak ada transportasi umum di sana.

Baca Juga : Dicintai Indonesia, STY Merasa Seperti Guus Hiddink di Korea

Daya Tarik di Pantai Pandawa

Daya tarik yang dapat dijelajahi wisatawan di Pantai Pandawa ini cukup banyak. Mulai dari pantai, penginapan, sampai wahana olahraga air. Berikut aktivitas dan daya tarik wisata Pantai Pandawa Bali.

1. Pantai pasir putih

Hal pertama yang bisa dinikmati di Pantai Pandawa, yaitu bermain-main di atas hamparan pasir putih dan air laut yang jernih sambil berenang.

2. Bukit kapur

Pantai Pandawa dikelilingi dua tebing besar. Di tempat ini pengunjung bisa berswafoto dengan suasana eksotis di sekitarnya.

3. Watersport

Suka menantang adrenalin? Di Pantai Pandawa ini pengunjung bisa mengikuti berbagai jenis kegiatan watersport. Mulai dari kano, kayak, banana boat, berselancar, hingga jet ski.

4. Patung Pandawa

Di area sekitar tebing kapur terdapat ornamen patung-patung putih yang kisahnya berasal dari Mahabarata, seperti patung Yudistira, Bima, Arjuna, Sadewa, dan Nakula.

5. Paralayang

Tidak jauh dari kawasan Pantai Pandawa, terdapat area paralayang yang lokasi mulainya dari Bukit Timbis. Wahana paralayang ini bisa melihat seluruh kawasan Pantai Pandawa dari atas ketinggian.

6. Budidaya rumput laut

Bermain di Pantai Pandawa bisa sekaligus belajar budidaya rumput laut yang dikelola warga sekitar.

Pengunjung dapat melihat langsung kegiatan sehari-hari para petani rumput laut di Pantai Pandawa, mulai dari mengumpulkan rumput dari laut sampai di bawah ke daratan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Pandawa

Masuk ke kawasan Pantai Pandawa dikenakan biaya masuk yang tergolong murah di bawah Rp10 ribu per orang.

Harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir yang menyesuaikan jenisnya. Parkir motor sekitar Rp2 ribu dan mobil sekitar Rp5 ribu.

Sementara jam operasional Pantai Pandawa mulai dari pukul 7 pagi WIT sampai dengan pukul 6 sore WIT.

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Pandawa sebaiknya pagi atau sore karena cuacanya tidak terlalu panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI