Pasca Debat Capres AS 2024, Harga Saham Perusahaan Donald Trump Melonjak

Pasca Debat Capres AS 2024, Harga Saham Perusahaan Donald Trump Melonjak

BERITA NANA4D – Saham perusahaan Trump Media & Technology Group milik Donald Trump dilaporkan naik 36 persen atau sekitar 1,3 miliar dolar AS pada awal perdagangan Sabtu (29/6/2024).

Angka itu meningkat dari awalnya 3 miliar dolar AS, kini naik menjadi 4,3 miliar dolar AS. Imbas kenaikan tersebut total kekayaan bersih Donald Trump melesat jadi 6,3 miliar dolar AS, menempatkannya di antara 500 orang terkaya di dunia, sebagaimana dikutip dari majalah Forbes.

Adapun lonjakan saham ini terjadi pasca pengamat politik AS menyatakan Trump menang dalam debat calon presiden (capres) AS 2024 bersama Joe Biden.

Meskipun Trump melontarkan pernyataan-pernyataan aneh dan sejumlah kebohongan. Namun kelemahan Joe Biden justru lebih menonjol, lantaran Beberapa kali Biden menjawab pertanyaan dengan gagap.

BACA JUGA : AS Evakuasi Warganya, Kirim Kapal Perang ke Lebanon Pasca Perang Hizbullah VS Israel Memanas

Alasan ini yang membuat kinerja Trump dinilai lebih baik ketimbang Biden, menurut jajak pendapat singkat yang dihimpun CNN International, 67 persen pengamat politik AS menilai Donald Trump menunjukkan performa yang lebih baik lantaran berhasil mengalahkan pertahanan Joe Biden dalam debat pilpres yang digelar pada Kamis (27/6/2024) malam.

Hasil suara ini selaras dengan jajak pendapat sebelum debat dimulai, di mana 55 persen publik menduga Trump mampu menghasilkan kinerja yang lebih baik, lebih unggul dari pesaingnya Biden.

“67 persen pengamat memperkirakan Trump akan memberikan kinerja yang lebih baik, lebih unggul ketimbang Joe Biden yang hanya meraup 33 persen suara kinerja yang lebih baik,” jelas pengamat AS.

Selain jajak pendapat CNN, pemimpin mayoritas DPR Steve Scalise juga mengatakan bahwa Trump sukses memenangkan debat malam ini. Sementara itu, menurutnya Biden menunjukkan performa yang buruk dalam debat kemarin.

BACA JUGA : Presiden Jokowi akan Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Senin 1 Juli 2024

Saham wall street amblas

Berbeda dengan pergerakan saham Trump yang naik, nilai saham-saham Wall Street justru terjun bebas pasca debat capres digelar. Kondisi ini terjadi karena investor mencerna data inflasi dan mempertimbangkan ketidakpastian politik setelah debat capres AS.

Mengutip dari Reuters, saham indeks Dow Jones Industrial Average mengalami penurunan 41,12 poin atau 0,11 persen menjadi 39.122,94.

Diikuti saham S&P 500 yang turun 22,57 poin atau 0,41 persen pada 5,460.30 dan Nasdaq Composite turun 126,08 poin, atau 0,71 persen menjadi 17,732.60.

Penurunan juga terjadi pada saham Nike yang merosot 19,98 persen setelah memperkirakan adanya penurunan dalam pendapatan fiskal tahun 2025, yang dapat membebani sektor kebijakan konsumen yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI