Peserta Sidang Tertawa saat Ketua MK Ingatkan Hotman Paris: Jangan Terlalu Bersemangat

Peserta Sidang Tertawa saat Ketua MK Ingatkan Hotman Paris: Jangan Terlalu Bersemangat

BERITA NANA4D – Ucapan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo kepada kuasa hukum Pihak Terkait sengketa Pemilu 2024 Prabowo-Gibran, Hotman Paris Hutapea disambut gelak tawa para pesera sidang.

Sidang pembuktian perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres digelar di gedung MK, Jakarta, pada Senin (1/4/2024).

BACA JUGA : 4 Pembalap Ducati Masuk Tren Unik Kemenangan Sesuai Nomor di MotoGP: MM93 Sanggup Ikutan?

Momen itu bermula saat Hotman Paris mengajukan protes kepada ahli yang dihadirkan kubu Pemohon I, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, terkait latar belakang keilmuan ahli tersebut yang dinilai Hotman Paris tidak sesuai dengan paparannya.

“Saya agak bingung, ini ahli hukum atau ahli ekonomi? Karena tadi pendapatnya sudah melebihi ahli hukum,” kata Hotman Paris kepada ahli ekonomi Anthony Budiawan.

Hotman Paris kemudian mengajukan pertanyaan kepada ahli, yang menyeret nama Presiden Joko Widodo ke dalam persidangan terkait dugaan kecurangan pemilu hingga dugaan melakukan korupsi.

“Pertanyaan saya, sekiranya benar tuduhan Anda, (soal) Jokowi melakukan tindak pidana korupsi, Jokowi melakukan pelanggaran UU APBN, Jokowi melanggar (karena) tidak minta persetujuan DPR. Karena itu pemohon meminta pemilu dibatalkan dan diulang.

Pertanyaannya, apakah MK berwenang dalam putusannya menyatakan, oleh karena Jokowi melanggar UU korupsi, melanggar UU APBN, melanggar UU bansos, maka pemilu harus dibatalkan dan diulang?” kata Hotman Paris.

“Sementara tidak satupun pihak tersebut sebagai pihak dalam perkara ini, baik Jokowi, DPR, maupun para menteri. Boleh enggak MK menyatakan itu adalah penyebab harus dibatalkan pemilu?” tambahnya.

Anggota Tim Pembela Prabowo-Gibran, Hotman Paris Hutapea saat jumpa pers usai pengajuan permohonan sebagian pihak terkait dalam gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi RI (MK), Senin (25/3/2024) malam.

Ahli Anthony sempat memberikan jawaban, namun Hotman menilai apa yang dijelaskan ahli belum menjawan pertanyaannya.

“Majelis, tadi pertanyaan Hotman Paris belum dijawab, apakah permohonan Pemohon dengan tuduhan Jokowi melakukan korupsi bisa dipakai oleh MK sebagai dasar membatalkan pemilu hanya karena keahlian beliau?” ucap Hotman menggebu-gebu.

BACA JUGA : Aghnia Punjabi Disalahkan karena Terlalu Sibuk dan Biarkan Anak Diasuh Baby Sitter, Tangisnya Pecah

Mendengar hal itu, Suhartoyo kemudian mengingatkan Hotman agar tidak perlu terlalu menggebu-gebu dalam menyampaikan pertanyaannya.

“Ya, tidak usah terlalu semangat (Hotman),” Ketua MK Suhartoyo.

Ucapan Suhartoyo tersebut mengundang gelak tawa peserta sidang, pada Senin siang.

“Bapak (ahli) mau jawab tidak?” tutur Suhartoyo.

Anthony kemudian menyampaikan, ia menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada majelis hakim.

“Saya serahkan, karena keputusannya ada di Mahkamah, jadi saya menyerahkannya kepada Mahkamah, bukan wewenang saya,” ucap ahli.

“Ahli juga tidak harus dipaksakan untuk menjawab, apalagi sama dengan yang diinginkan,” ucap Suhartoyo kepada Pihak Terkait.

“Mohon izin majelis, kan dia yang memulai, dia yang mengatakan Jokowi korupsi, dia yang mengatakan ini, dia harus konsekuen dong sebagai ahli (yang) menerangkan,” kata Hotman.

“Iya, tapi pada bagian apakah itu menjadi kewenangan MK, kan tidak dijawab, diserahkan kepada mahkamah,” jawab Suhartoyo.

“Ya maksud saya, dia sebagai ahli harusnya konsekuen dengan jawabannya. jangan cuma omon-omon,” ungkap Hotman.

Suhartoyo kemudian menekankan, bahwa Hotman tak bisa memaksakan kehendaknya.

“Anda tidak bisa memaksakan seperti itu,” ucap Suhartoyo kepada Hotman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI