Prancis Pasok Ukraina Bom Luncur Saingan FAB-500 Rusia yang Luluhlatakkan Avdiivka

Prancis Pasok Ukraina Bom Luncur Saingan FAB-500 Rusia yang Luluhlatakkan Avdiivka

BERITA NANA4D – Angkatan Bersenjata Prancis menjanjikan Ukraina ratusan amunisi yang bisa menyaingi bom peluncur Rusia FAB-500.

FAB-500 dikutip Russia Today menjadi bom yang terbuti mampu meluluhlantakkan kota strategis Avdiivka di Donetsk, yang kemudian ditaklukkan pada Februari lalu.

Dikutip dari majalah Paris, Tribune, Prancis berencana memesan sekitar 500 bom AASM dari Safran untuk mengisi kembali stok setelah berjanji untuk memasok 600 bom semacam itu ke Ukraina tahun ini.

BACA JUGA : Terbaru Ridwan Kamil hingga Bobby Nasution, Ini Daftar Bacagub Golkar untuk Pilkada 2024

Pada bulan Januari, Menteri Pertahanan Prancis Sebastien Lecornu mengatakan bahwa Paris akan memasok 50 bom AASM ke Ukraina per bulan sepanjang tahun 2024. Secara total, Prancis akan mentransfer 600 amunisi tersebut.

“Setelah berjanji untuk memasok 600 bom AASM ke Ukraina pada tahun 2024, Kementerian Angkatan Bersenjata akan memesan bom baru dari Safran untuk membangun kembali persediaan Angkatan Udara dan Angkatan Laut. Volume pesanan ini akan berjumlah sekitar 500 unit,” kata artikel majalah tersebut .

Armement Air-Sol Modulaire (AASM) adalah keluarga amunisi berpemandu presisi Perancis yang dikembangkan oleh Safran Electronics & Defense.

AASM adalah kit yang dipasang pada bom terarah dan mengubahnya menjadi bom terpandu dengan jangkauan lebih dari 70 km.

Modularitas menyiratkan kemampuan untuk mengintegrasikan unit panduan yang berbeda dan bom yang berbeda.

Sebulan yang lalu, Kementerian Pertahanan Prancis menerbitkan daftar peralatan militer yang ditransfer ke Ukraina untuk periode awal invasi Rusia hingga 31 Desember 2023.

Sesaat sebelum ini, media Turki menulis bahwa bom udara AASM jarak jauh Prancis telah muncul di garis depan Ukraina.

Menurut laporan pers, bom pertama kali digunakan oleh pasukan Ukraina untuk menyerang pabrik kokas Avdiivka, yang dikendalikan oleh tentara Rusia.

BACA JUGA : Viral Tren Baju Lebaran 2024 Nuansa Shimmer, Bahannya Dinilai Halus, Berikut Harga Gamis Shimmer

Namun, jumlah Bom  yang disumbangkan Prancis tersebut relatif sedikit dibandingkan dengan FAB series Rusia yang jumlahnya tidak berseri.

Bahkan Ukraina mengakui Rusia membumihanguskan wilayah timur dan selatannya dengan meluncurkan 3.500 bom FAB, yaitu FAB-500 dan FAB-1500.

Spesifikasi AASM

AASM didasarkan pada bagian bom seberat 250 kg. Ini termasuk bom konvensional Mk 82 atau BANG atau bom penetrasi BLU-111.

Bagian bom 125 kg dan 1.000 kg juga dapat digunakan. Jangkauan maksimumnya lebih dari 50 km dengan peluncuran di ketinggian dan 15 km dengan peluncuran di ketinggian rendah.

Dikutip dari WeaponSystem AASM merupakan bom berpemandu berbantuan roket modern asal Perancis. Senjata ini dikembangkan untuk digunakan sebagai senjata presisi.

Perkembangan yang berlarut-larut membuat Perancis memperoleh Enhanced Paveway II sebagai senjata sementara.

Untuk penjualan ekspor AASM disebut juga HAMMER. Kabarnya AASM terbukti sangat efektif dalam pertempuran.

AASM didasarkan pada bom luncur konvensional dan menambahkan bagian panduan di depan dan bagian booster di belakang. Bagian booster terdiri dari mesin roket propelan padat dan empat sayap tetap.

Bagian panduan hadir dalam tiga jenis panduan dan dilengkapi delapan sayap terpotong yang berfungsi ganda sebagai permukaan kontrol. Ketiga opsi tersebut menggunakan GPS dan navigasi inersia.

BACA JUGA : Sandra Dewi Dulu Jualan Baju di Pasar, Kini Kaya Raya hingga Suaminya Tersangkut Kasus Korupsi

Salah satu opsi menambahkan panduan pemetaan medan inframerah dan opsi lainnya menambahkan panduan laser semi-aktif.

AASM didasarkan pada bagian bom seberat 250 kg. Ini termasuk bom konvensional Mk 82 atau BANG atau bom penetrasi BLU-111. Bagian bom 125 kg dan 1.000 kg juga dapat digunakan.

Jangkauan maksimumnya lebih dari 50 km dengan peluncuran di ketinggian dan 15 km dengan peluncuran di ketinggian rendah.

Panduan GPS menyediakan CEP 10 meter. Model pencitraan inframerah memiliki CEP 1 meter bila kondisi memungkinkan untuk digunakan. Model yang dipandu laser memiliki CEP sekitar 1 meter.

AASM dapat dibawa oleh berbagai pesawat, termasuk Rafale dan Mirage 2000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI