Presiden Siprus Ketar-ketir Diancam Hassan Nasrallah: Kami Gak Ikutan Perang Israel-Hizbullah

Presiden Siprus Ketar-ketir Diancam Hassan Nasrallah: Kami Gak Ikutan Perang Israel-Hizbullah

Presiden Siprus Nikos Christodoulides merespons pernyataan yang berbau ancaman dari Sekretaris Jenderal Hizbullah Lebanon, Hassan Nasrallah yang menilai negara tersebut ikut membantu manuver Israel dalam menyerang Lebanon.

Beraroma kekhawatiran, Christodoulides mengatakan kalau negaranya tidak berpartisipasi dalam cara apa pun dalam perang yang dilancarkan Israel terhadap Gaza dan Lebanon selatan.

Baca juga: 

Dia menekankan kalau “Republik Siprus adalah bagian dari solusi dan bukan bagian dari masalah”.

Dalam pidatonya kemarin, Rabu, Nasrallah mengancam akan menganggap dengan Siprus sebagai bagian dari perang jika infrastrukturnya tersedia bagi tentara Israel untuk menyerang Lebanon.

Christodoulides menilai – dalam pernyataan yang diterbitkan oleh Kantor Berita Siprus, Kamis (20/6/2024) – kalau pidato Nasrallah ini tidak menyenangkan, dan sama sekali tidak sesuai dengan kenyataan,

“Pidato itu juga menampilkan Siprus terlibat dalam kegiatan militer… Ini sepenuhnya bertentangan dengan kenyataan.”

Dia menambahkan, “Republik Siprus tidak terlibat dalam perang ini,” dan menekankan bahwa negaranya adalah “bagian dari solusi, bukan masalah,”.

Baca juga: 

Sebanyak 35.000 orang Yahudi dilaporkan telah membeli properti di Siprus Utara, yang mencakup lahan seluas 2.500 hektar.

Sang presiden menekankan kalau negaranya memainkan peran yang “diakui oleh dunia Arab dan seluruh komunitas internasional” dalam membuka koridor laut yang memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan dari Siprus ke Gaza.

Ancaman Nasrallah Nasrallah mengeluarkan peringatan kepada pemerintah Siprus berdasarkan apa yang dikatakannya sebagai informasi yang diterima pihak tersebut yang menunjukkan bahwa Israel – yang setiap tahunnya melakukan manuver di pulau kecil yang terletak di Laut Mediterania ini, kemungkinan menggunakan bandara dan pangkalan Siprus untuk menyerang Lebanon jika Hizbullah menargetkan bandara Israel.

Siprus merupakan anggota Uni Eropa dan secara geografis dekat dengan negara tersebut baik Lebanon dan Israel.

“Kami memiliki informasi bahwa musuh (Israel) sedang melakukan manuver di wilayah dan bandara Siprus, dan mereka yakin jika bandaranya menjadi sasaran, mereka akan menggunakan bandara dan fasilitas Siprus,” kata Nasrallah.

Dia melanjutkan dengan memperingatkan, “Oleh karena itu, pemerintah Siprus harus tahu bahwa jika bandara dan pangkalan Siprus dibuka untuk perang terhadap Lebanon, kami akan memperlakukan Siprus seolah-olah itu adalah bagian dari perang.”

Nasrallah berbicara dalam pidato di televisi saat perayaan peringatan pemimpin partai, Talib Sami Abdullah, “Haji Abu Talib,” yang terbunuh dalam serangan Israel pada 12 Juni.

Pidato Sekretaris Hizbullah disampaikan sehari setelah tentara Israel mengumumkan “persetujuan” atas rencana operasional serangan di Lebanon, dan Menteri Luar Negeri Israel Yisrael Katz berjanji pada hari Selasa untuk melenyapkan Hizbullah jika terjadi “perang habis-habisan”, mengingat terus meningkatnya eskalasi di perbatasan Lebanon-Israel selama lebih dari 8 bulan.

4 Poin Pidato Nasrallah: Tak Ada Tempat Aman Bagi Israel

Sejumlah pernyataan penting disampaikan Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah dalam peringatan kematian Komandan Talib Abdallah (Abu Thalib) pada Rabu (19/6/2024) di Lebanon.

Di awal pidatonya, Hassan Nasrallah menyampaikan belasungkawa dan ucapan selamat atas kematian Komandan Abu Thalib seraya memberi hormat kepada keluarga para syuhada atas kesabaran dan ketaatan mereka di “jalan perlawanan.”

“Kemartiran bukanlah kekalahan, juga bukan kematian, ini adalah titik kekuatan bagi garis perlawanan,” kata Nasrallah demikian dikutip dari situs web Al-Manar TV berbahasa Inggris.

Berikut ini empat pernyataan Sayyed Hassan Nasrallah:

1. Militer Israel sembunyikan jumlah sebenarnya korban dari pihak mereka

Menurut Hassan Nasrallah, Israel menyembunyikan jumlah sebenarnya korban jiwa dalam perang di Gaza.

Ia juga seraya menambahkan bahwa “AS telah menggunakan kapasitas intelijennya untuk menghentikan perlawanan Yaman, operasi di Laut Merah.”

“AS dan Inggris telah gagal menghentikan operasi Yaman di Laut Merah,” tegas Nasrallah.

Menurutnya, Israel sekarang mencoba untuk “memalsukan” kemenangan di Gaza untuk menipu orang-orang di dalam negerinya,” dan kata Nasrallah, kerugian strategis telah menimpa Israel di Gaza.”

“PM Israel dan pejabat rezim lainnya mengakui bahwa mereka menanggung akibat yang besar dalam perang di Gaza. Kini kami juga mengidentifikasi berkumpulnya pasukan Israel di daerah dekat Lebanon.”

2. Hizbullah miliki senjata baru yang lebih canggih

Sayyed Hasan Nasrallah mengatakan, Hizbullah Lebanon memiliki senjata dan kemampuan intelijen baru yang dapat membantunya menargetkan posisi yang lebih penting di wilayah Israel jika terjadi perang habis-habisan.

“Kami sekarang punya senjata baru. Tapi saya tidak akan mengatakan senjata apa itu. Namun saat keputusan sudah diambil, mereka akan terlihat di garis depan.”

Hizbullah telah menggunakan drone berbahan peledak buatan lokal untuk pertama kalinya sejak dimulainya perang Israel-Hamas di Gaza Oktober lalu, serta rudal permukaan ke udara untuk melawan jet Israel.

Hassan Nasrallah mengatakan pada tahun 2021 bahwa Hizbullah memiliki 100.000 pejuang tetapi sekarang dia mengklaim jumlahnya jauh lebih tinggi, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Dia juga mengatakan dia telah menolak tawaran dari negara-negara sekutu dan milisi di wilayah tersebut yang dapat menambah puluhan ribu anggota milisinya.

Seperti ramai diberitakan, sebuah video berdurasi hampir 10 menit yang diduga direkam oleh drone pengintai Hizbullah dan dirilis pada hari Selasa menunjukkan bagian dari Haifa, sebuah kota terbesar kedua setelah Tel Aviv.

Sayyed Hassan Nasrallah dalam pidatonya hari Rabu mengatakan Hizbullah memiliki lebih banyak rekaman – sebuah ancaman nyata bahwa mereka dapat menjangkau lokasi-lokasi yang jauh di Israel.

3. Hizbullah siap perang tanpa batas

Sayyed Hassan Nasrallah menyampaikan pesan yang jelas kepada para pemimpin pendudukan Israel dan militernya, dengan menekankan bahwa ancaman perang selama delapan bulan tidak mengintimidasi Hizbullah.

Dia menunjukkan bahwa baik pendudukan maupun AS memahami bahwa perang melawan Lebanon akan mempunyai dampak yang signifikan di wilayah tersebut.

Nasrallah mengklaim bahwa Hizbullah memiliki bank sasaran yang komprehensif dan nyata dengan kemampuan mencapai semua sasaran, sehingga mengganggu stabilitas fondasi Israel.

Ia juga memperingatkan bahwa “musuh mengetahui bahwa apa yang menantinya di Laut Mediterania juga sangat signifikan.”

“Musuh tahu bahwa mereka pasti akan menunggu kita di darat, di udara, dan di laut, dan jika perang diberlakukan, perlawanan akan berperang tanpa kendala, aturan, atau batasan,” katanya.

4. Peringatkan Siprus

Sayyid Hassan Nasrallah mengatakan bahwa tidak ada tempat di Israel yang akan aman jika perang besar-besaran pecah antara kedua musuh tersebut, dan juga mengancam Siprus, anggota Uni Eropa untuk pertama kalinya, dan wilayah lain: Mediterania.

“Tidak akan ada tempat yang aman dari rudal dan drone kami, baik di Israel maupun di mana pun titik yang kami targetkan jika terjadi perang yang lebih luas.”

Ia juga mengancam Siprus akan menjadi sasaran jika mengizinkan Israel menggunakan senjatanya di negara itu dalam konflik apapun.

Seperti diketahui, Siprus dan Israel memiliki perjanjian kerja sama pertahanan bilateral yang membuat kedua negara melakukan latihan bersama.

“Membuka bandara dan pangkalan di Siprus bagi musuh Israel untuk menargetkan Lebanon berarti pemerintah Siprus adalah bagian dari perang, dan kelompok perlawanan akan menghadapinya sebagai bagian dari perang,” kata pemimpin Hizbullah tersebut, dilansir The Guardian, Kamis (20/6/2024).

Israel masuk jebakan Hizbullah?

Beberapa waktu lalu, Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz mengatakan, keputusan perang habis-habisan dengan Hizbullah di Lebanon selatan akan segera terjadi merupakan upaya baru untuk melakukan pencegahan – terutama karena kedua belah pihak sangat memahami betapa dahsyatnya dampak yang ditimbulkan. permusuhan akan terjadi.

Kenyataannya adalah Hizbullah, sekutu Iran, adalah musuh yang lebih kuat dibandingkan Hamas di Gaza.

Diperkirakan kelompok muslim Syiah dari Lebanon ini memiliki 30 ribu drone berbagai varian. Belum lagi ditambah antara 120.000 dan 200.000 rudal dan roket terarah.

Assaf Orion, mantan brigadir jenderal di IDF antara tahun 2010 dan 2015, memperkirakan bahwa Hizbullah memiliki “puluhan kali lipat persenjataan Hamas” dan menyiratkan bahwa konflik apa pun akan memiliki skala yang sama besarnya lebih besar daripada konflik yang terjadi di Gaza setelah 7 Oktober.

Katz, berbicara pada hari Selasa lalu, menanggapi rekaman video drone berdurasi sembilan menit yang dirilis oleh Hizbullah, yang menunjukkan detail situs militer dan pemukiman di pelabuhan Haifa Israel, 25 hingga 30 mil dari perbatasan.

Rekaman drone pengintai itu sendiri bukanlah sebuah kemampuan militer yang mematikan, namun nada “kami tahu di mana Anda tinggal” dalam film tersebut dimaksudkan untuk meresahkan warga Israel di bagian utara dan memberi kesan bahwa Hizbullah dapat melancarkan serangkaian serangan dengan harapan dapat menggulung Iron Dome dan Israel.

Barat dan sebagian elite Tel Aviv masih memiliki kekhawatiran utama yakni risiko kesalahan perhitungan yang berujung pada konflik mendadak.

Hizbullah dan Israel telah saling bertukar serangan sejak Hamas melancarkan serangannya delapan bulan lalu, dan Hizbullah bersikeras bahwa mereka tidak akan berhenti kecuali ada gencatan senjata di Gaza.

Namun ketika kampanye di wilayah selatan mencapai tahap akhir yang menurut IDF, kekerasan di wilayah utara meningkat tajam seperti halnya retorika yang terjadi.

Pekan lalu sebuah serangan udara menewaskan Taleb Sami Abdallah, komandan Hizbullah paling senior yang dibunuh oleh Israel sejak Oktober lalu, yang mendorong kelompok pejuang Lebanon tersebut menembakkan 215 roket ke Israel utara pada Rabu lalu dan 100 roket lagi pada hari berikutnya.

Perang habis-habisan terakhir antara keduanya terjadi pada tahun 2006, meningkat dari sebuah insiden ketika gerilyawan Hizbullah membunuh tiga tentara IDF, melukai dua tentara lainnya dan menangkap dua lainnya setelah serangan lintas batas yang dengan cepat ditafsirkan oleh Israel sebagai tindakan perang.

Kampanye udara yang menghancurkan ke Lebanon gagal menekan serangan roket dari Hizbullah dan invasi darat singkat terjadi dalam konflik yang berlangsung selama sebulan.

Meski saling klaim kemenangan, faktanya adalah pemerintahan Israel ketika itu tumbang, sedangkan pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah tetap berdiri hingga hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI