Putin Marah Besar Ukraina Tembaki Warga Sipil Hingga Anak-anak

Putin Marah Besar Ukraina Tembaki Warga Sipil Hingga Anak-anak

Presiden Rusia VladimirPutin marah besar dengan serangan Ukraina yang menargetkan wilayah pada warga sipil.

Akibatnya sebanyak 24 orang warga sipil termasuk anak-anak tewas dalam sebuah serangan di Belgorod, wilayah Rusia yang berbatasan dengan Ukraina.

Dikuti dari TASS, penembakan Belgorod dari Ukraina menyebabkan 131 orang luka-luka, termasuk 18 anak-anak.

Dari jumlah tersebut, 24 orang tewas, termasuk empat anak-anak.

Serangan Ukraina pada akhir pekan terhadap kota Belgorod di Rusia, yang menyebabkan puluhan warga sipil tewas dan terluka, merupakan tindakan terorisme, kata Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin.

Kiev tidak akan luput dari hukuman ketika terlibat dalam kegiatan semacam itu, ia memperingatkan.

Baca juga: 29 Tentara Israel yang Bertempur di Gaza, Tewas karena Friendly Fire dan Insiden Lain

Presiden menegaskan bahwa Moskow tidak akan membalas dengan serangan sembarangan terhadap warga sipil, namun akan fokus pada situs militer Ukraina.

Presiden menyampaikan pernyataan tersebut pada Hari Tahun Baru di sebuah rumah sakit militer di Moskow, di mana ia bertemu dengan prajurit Rusia yang terluka selama operasi militer yang sedang berlangsung.

Salah satu prajurit bertanya kepada Putin mengenai pendapatnya mengenai serangan Ukraina di Belgorod dan pendekatan pembalasan yang dilakukan Moskow; Presiden dengan tegas menggambarkannya sebagai “aksi teroris,” yang dilakukan dengan menggunakan senjata sembarangan.

“Dengan senjata ini mereka menyerang tepat di pusat kota, tempat orang-orang keluar rumah pada Malam Tahun Baru. Hanya sebuah serangan, serangan yang ditargetkan terhadap penduduk sipil.

Tentu saja ini adalah serangan teroris; tidak ada cara lain untuk menggambarkannya,” kata Putin.

Upaya teror yang dilakukan Ukraina ditujukan untuk mengganggu stabilitas Rusia dan “mengintimidasi” penduduk negara tersebut, jelasnya.

Rusia tidak akan membalas tindakan Kiev dengan cara yang sama, meskipun mampu melakukannya, tegas Putin.

“Tentu saja kami bisa, kami mampu melakukan bom karpet di Kiev dan kota-kota [Ukraina] lainnya,” kata presiden.

Sebaliknya, Rusia akan terus menargetkan aset dan infrastruktur militer Ukraina, kata Putin, sambil memperingatkan bahwa jumlah serangan semacam itu pasti akan bertambah.

Kegiatan teroris yang dilakukan pihak berwenang Ukraina tidak akan dibiarkan begitu saja, tegasnya.

Baca juga: Ishikawa Dihantam Tsunami 5 Meter, KBRI Jepang: Ada 1.315 WNI di Sana

Tentu saja, tidak ada satu pun kejahatan seperti itu, dan ini tentu saja merupakan kejahatan terhadap penduduk sipil, yang tidak akan dihukum, dan hal itu tidak dapat diragukan lagi.

“Kami menyerang dengan senjata presisi tinggi di pusat-pusat pengambilan keputusan, di lokasi di mana personel militer dan tentara bayaran berkumpul, di titik-titik lain semacam ini, di fasilitas-fasilitas militer, pertama-tama. Dan serangan ini cukup menyakitkan. Itu yang akan terus kami lakukan,” kata Putin.

Belgorod, serta wilayah lain di barat daya Rusia, telah berulang kali menjadi sasaran serangan artileri, rudal, dan drone oleh pasukan Ukraina di tengah konflik yang sedang berlangsung. Kota ini menjadi sasaran serangan paling mematikan hingga saat ini pada hari Sabtu, ketika kota tersebut diserang dengan rudal yang ditembakkan oleh beberapa peluncur roket.

Amunisi tersebut merusak sejumlah tempat umum dan bangunan tempat tinggal. Serangan tersebut, yang dilaporkan diperintahkan secara pribadi oleh Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, merenggut nyawa sedikitnya 24 warga sipil dan menyebabkan lebih dari 100 orang terluka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI