Putri Catherine ‘minta maaf’ telah mengedit foto yang ditarik sejumlah kantor berita

Putri Catherine 'minta maaf' telah mengedit foto yang ditarik sejumlah kantor berita

BERITA NANA4DPutri Catherine meminta maaf “atas segala kebingungan” dan mengaku dirinya telah mengedit foto bersama anak-anaknya pada Hari Ibu.

Pernyataannya diposting di media sosial Istana Kensington setelah lima kantor berita mencabut foto tersebut karena tampak telah diedit.

“Seperti kebanyakan fotografer amatir, saya kadang-kadang bereksperimen dengan pengeditan,” kata Catherine.

Dalam pernyataannya di X, sebelumnya Twitter, Catherine mengatakan: “Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya atas segala kebingungan yang disebabkan oleh foto keluarga yang kami bagikan kemarin. Saya harap semua orang yang merayakan Hari Ibu sangat bahagia. C.”

Permintaan maaf tersebut, yang diposting ke media sosial, berasal dari akun resmi Pangeran dan Putri Wales dan diakhiri huruf “C” – yang merupakan inisial Catherine.

Perempuan bergelar Putri Wales itu mengaku bertanggung jawab atas perubahan pada foto tersebut, bukan suaminya Pangeran William, yang mengabadikan foto itu atau tim mana pun di sekitar pasangan kerajaan tersebut.

BACA JUGA : Reaksi Pemerintah Malaysia Seusai Viral Video Influencer Negeri Jiran Rusuh Saat Cium Hajar Aswad

Sebelumnya, sebanyak lima kantor berita internasional telah menarik foto Putri Catherine dan anak-anaknya karena ada dugaan bahwa foto yang diambil pada Minggu (10/03) itu telah “dimanipulasi”.

Foto yang diabadikan oleh Pangeran William di Hari Ibu adalah foto Putri Catherine pertama yang dirilis Istana Kensington sejak operasi abdomen pada Januari silam.

Kantor berita Getty Images, Reuters, AFP, dan Associated Press menarik foto tersebut dengan alasan adanya “ketidakkonsistenan pada posisi tangan kiri Putri Charlotte”. Tindakan itu diikuti kantor berita PA karena kekhawatiran terhadap foto tersebut.

Kantor berita PA mengatakan foto itu, yang awalnya diunggah oleh Istana Kensington di media sosial mereka, diberikan “dengan itikad baik”.

Namun dalam sebuah pernyataan, PA menambahkan: “Kami menyadari adanya kekhawatiran mengenai gambar tersebut dan kami melaporkannya tadi malam dan menjelaskan bahwa kami sedang mendapatkan klarifikasi secepatnya mengenai gambar ini dari Istana Kensington.

“Karena tidak ada klarifikasi, kami menarik gambar itu dari layanan foto kami.”

Istana Kensington mengatakan tidak akan menerbitkan kembali foto asli Kate dan anak-anaknya yang belum diedit.

Foto itu memperlihatkan Putri Catherine sedang duduk, dikelilingi oleh anak-anaknya yakni Putri Charlotte, Pangeran Louis, dan Pangeran George.

Foto tersebut diunggah di akun media sosial Pangeran William dan Putri Catherine dengan pesan dari Catherine yang berbunyi: “Terima kasih atas doa baik Anda dan dukungan selama dua bulan terakhir. Selamat Hari Ibu kepada semua orang.”

Itu adalah foto resmi pertama Putri Wales sejak operasi abdomennya dua bulan lalu. Sejak itu perempuan yang dikenal bernama Kate Middleton itu tidak lagi terlihat oleh publik.

Sudah menjadi rutinitas bagi pasangan kerajaan untuk merilis foto mereka sendiri pada acara-acara khusus keluarga. Kebanyakan foto-foto tersebut diambil oleh Catherine dan diberikan kepada media dengan instruksi tentang bagaimana foto itu digunakan.

Potret itu diambil oleh Pangeran William, karena tidak ada fotografer resmi yang didatangkan seiring pemulihan sang istri sehabis menjalani operasi.

Kebiasaan memotret sendiri biasa dilakukan pasangan ini.

Catherine bisa dibilang seorang fotografer yang rajin mengambil foto anak-anaknya untuk menandai ulang tahun mereka, termasuk ulang tahun Putri Charlotte pada Mei lalu. Kemudian ulang tahun Pangeran George pada Juli 2022 dan Pangeran Louis di pantai Norfolk pada April 2022.

Namun sebelum foto keluarga Pangeran William diunggah, foto tersebut sudah dipajang terlebih dulu melalui tim media sosial Istana Kensington yang mengelola akun Pangeran dan Putri Wales.

Foto yang diambil pada Minggu pagi itu bertujuan memadamkan beberapa spekulasi seputar ketidakhadiran sang putri di acara publik. Akan tetapi dalam beberapa jam media sosial dihebohkan dengan beberapa detil dalam foto yang tampak janggal.

Foto yang dirancang untuk mendinginkan perbincangan seputar kesembuhan Putri Wales malah kembali memanaskan semua rumor.

Mengapa foto itu ditarik?

Foto Hari Ibu itu dimuat di halaman depan beberapa surat kabar dan situs web nasional, termasuk BBC News dan digunakan di buletin berita TV – termasuk BBC.

Untuk menggunakan foto baru tersebut secepat mungkin, BBC mengambil foto yang digunakan oleh Istana Kensington di akun media sosial mereka.

Tapi pada Minggu (10/03) malam, Associated Press, salah satu dari banyak lembaga internasional yang mendistribusikan foto tersebut, mengeluarkan “pemberitahuan penarikan”.

Dikatakan: “Pada pemeriksaan lebih dekat nampaknya sumber telah memanipulasi gambar tersebut. Tidak ada foto pengganti yang akan dikirim.”

Kantor berita kedua, Reuters, mengatakan pihaknya juga telah menarik gambar tersebut “setelah tinjauan pasca-publikasi”. Hal ini diikuti oleh kantor berita ketiga, AFP, yang juga mengeluarkan “pemberitahuan penarikan”.

BACA JUGA : Ganjar-Mahfud dan Para Seniman Kumpul di Rumah Butet

Getty Images menjadi organisasi keempat yang mencabut foto tersebut.

PA Media, sebuah kantor berita terbesar di Inggris – tempat keluarga Kerajaan secara teratur merilis informasi resminya, termasuk kepada BBC – mengatakan pihaknya tidak menarik foto itu di layanan mereka.

Namun juru bicaranya berkata PA Media berupaya mendapatkan klarifikasi secepatnya dari Istana Kensington atas kekhawatiran yang muncul soal manipulasi tersebut.

Sebagian besar lembaga pemberitaan mengikuti pedoman ketat mereka mengenai penggunaan foto-foto yang dimanipulasi dan hanya menggunakannya jika disertai dengan penjelasan bahwa gambar tersebut diubah dari aslinya.

Oleh karena itu, kantor berita seperti AP, berkomitmen kepada kliennya bahwa foto mereka akurat dan tidak dimanipulasi secara digital.

Aturan AP hanya mengizinkan “penyesuaian kecil” dalam keadaan tertentu, termasuk pemotongan dan penyesuaian tingkat kecerahan dan warna, serta penghilangan debu pada sensor kamera.

Dikatakan bahwa perubahan dalam tingkat kepadatan, kontras, warna dan saturasi “yang diubah secara substansial mengubah pemandangan asli” tidak dapat diterima.

Platform media sosial X telah mengunggah penafian (disclaimer) di akun resmi Pangeran dan Putri Wales yang mengatakan bahwa gambar tersebut “diyakini telah diubah secara digital”.

Fotografer kerajaan, Ian Lloyd, mengatakan kepada BBC Breakfast bahwa pengeditan foto “bukan hal yang aneh” seraya menambahkan: “Hal ini telah berlangsung dalam fotografi, dan fotografi kerajaan khususnya, sejak awal mula fotografi.”

Dia menunjuk pada foto kartu Natal Pangeran dan Putri Wales yang dirilis pada Desember 2023, di mana Pangeran Louis “jarinya tampak hilang” dan ada “kaki tambahan”.

Kendati demikian, dia mengatakan penarikan foto tersebut “benar-benar hal yang baru” dan berata: “Jelas ada seseorang yang merasa mereka telah mengambil langkah terlalu jauh dan mereka telah menarik foto itu.”

Apakah spekulasi soal Putri Catherine akan mereda?

Catherine (42 tahun) menghabiskan 13 malam di Klinik London, dekat Regent’s Park di pusat kota London setelah menjalani operasi.

Pangeran William mengunjungi istrinya selama dia dirawat. Raja Charles juga telah mengunjungi menantunya itu sebelum dia sendiri menjalani perawatan di sana.

Istana hanya memberikan sedikit penjelasan soal kondisinya, yang telah menimbulkan spekulasi liar di media sosial, dengan mengatakan sakitnya tidak terkait dengan kanker.

Tim yang mendukung sang putri saat dia menjalani masa pemulihan sangat kecil dan terbatas pada orang-orang terdekatnya.

Pada saat dia tinggal di sana, Istana mengatakan sang putri ingin informasi medis pribadinya tetap dirahasiakan dan menambahkan bahwa dia ingin “menjaga keadaan normal untuk anak-anaknya sebisa mungkin”.

Istana juga berkata pihaknya hanya akan memberikan informasi terkini mengenai kesembuhannya ketika ada informasi baru yang signifikan untuk dibagikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI