Reaksi Dunia atas Serangan Israel di Rafah, Jubir Mahmoud Abbas hingga Perancis

Reaksi Dunia atas Serangan Israel di Rafah, Jubir Mahmoud Abbas hingga Perancis

BERITA NANA4D – Serangan pasukan pendudukan Israel ke Rafah pada Minggu (26/5/2024) menuai beragam bereaksi internasional.

Tenda-tenda yang para pengungsi dirikan di Gudang UNRWA di Rafah, Jalur Gaza selatan, yang diklaim sebagai zona aman, dibom.

Puluhan pengungsi dibantai.

Para pejabat negara dan lembaga-lembaga internasional mengutuk pembantaian tersebut.

Mereka juga menyerukan agar Israel segera menghentikan serangan agresif yang mengerikan itu terhadap Palestina.

Simak sejumlah reaksi dunia atas serangan Israel di Rafah berikut ini.

BACA JUGA : Mantan Manajer Fuji Ditangkap Polisi, Adhisty Zara: Terima Kasihnya Sudah Balas Sakit Hati Gua

– Otoritas Palestina

Otoritas Palestina mengecam pembantaian keji yang dilakukan Israel di Tal as-Sultan.

Menurut kantor berita Wafa, Nabil Abu Rudeineh yang merupakan Juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengecam serangan Israel terhadap Tal as-Sultan sebagai “pembantaian yang melampaui batas.”

Ia “menekankan perlunya intervensi untuk menghentikan kejahatan yang dilakukan terhadap rakyat Palestina”.

“Pembantaian keji tersebut sebagai tantangan terhadap tatanan internasional, termasuk keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) yang memerintahkan Israel untuk menghentikan serangan militernya terhadap kota Rafah dan memberikan perlindungan kepada rakyat Palestina,” katanya.

Abu Rudeineh menganggap pemerintahan Presiden AS, Joe Biden bertanggung jawab atas kejahatan Israel.

Jubir Abbas juga mendesak Washington untuk “memaksa Israel menghentikan kegilaan dan genosida yang dilakukannya di Gaza.”

– MSF International

Dikutip dari Al Mayadeen, MSF International mengungkapkan kengeriannya atas serangan “Israel” terhadap kamp pengungsi Palestina di Tal as-Sultan.

Badan amal medis ini menyatakan bahwa “peristiwa mematikan tersebut sekali lagi menggarisbawahi bahwa tidak ada tempat yang aman di Gaza”.

Lebih dari 15 warga Palestina yang menjadi martir dan puluhan orang yang terluka diangkut ke titik stabilisasi trauma di Gaza.

– Amnesty International

Amnesty International menyerukan penyelidikan kejahatan perang terhadap tiga serangan Israel di Gaza.

Amnesty mendesak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk menyelidiki tiga serangan Israel yang mengakibatkan syahidnya 44 warga sipil Palestina, termasuk 32 anak-anak, di Jalur Gaza pada bulan April.

BACA JUGA : Gibran Dukung Duet Anies-Masinton, Ray Rangkuti: Kalau Sudah Tak Betah Jadi Wali Kota Mending Mundur

Serangan tersebut termasuk satu serangan yang menewaskan anak-anak yang sedang bermain sepak bola di kamp pengungsi al-Maghazi pada 16 April, serta dua serangan terhadap bangunan tempat tinggal di Rafah pada 19 dan 20 April, menurut kelompok hak asasi manusia.

Kelompok hak asasi manusia menyatakan bahwa tidak ada bukti adanya sasaran militer di dalam atau sekitar lokasi yang terkena dampak dan tidak ada indikasi peringatan sebelumnya.

“Temuan kami memberikan bukti penting mengenai serangan yang melanggar hukum oleh militer Israel ketika Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional mengajukan surat perintah penangkapan terhadap pejabat senior Israel dan Hamas, termasuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Rafah, kasus-kasus ini juga menggambarkan kebutuhan mendesak untuk gencatan senjata segera,” kata Erika Guevara-Rosas, Direktur senior penelitian, advokasi, kebijakan, dan kampanye Amnesty International.

“Kasus-kasus yang didokumentasikan di sini menggambarkan pola serangan yang jelas selama tujuh bulan terakhir di mana militer Israel telah melanggar hukum internasional, membunuh warga sipil Palestina dengan impunitas total dan menunjukkan ketidakpedulian terhadap nyawa manusia.”

– Pakar PBB, Balakrishnan Rajagopal

Pakar PBB di bidang perumahan, Balakrishnan Rajagopal mengecam serangan Rafah.

Pelapor khusus PBB mengenai hak atas perumahan itu juga mendesak tindakan terhadap Israel menyusul serangan baru-baru ini terhadap pengungsi Palestina di Rafah.

“Menyerang perempuan dan anak-anak saat mereka meringkuk di tempat penampungan di Rafah adalah kekejaman yang mengerikan. Kita memerlukan tindakan global bersama untuk menghentikan tindakan Israel sekarang,” katanya dalam sebuah postingan di X.

– Pelapor Khusus PBB untuk Hak Asasi Manusia di Wilayah Palestina, Francesca Albanese

Pelapor Khusus PBB untuk Hak Asasi Manusia di Wilayah Palestina, Francesca Albanese menyebut serangan Israel terhadap kamp tenda di Rafah sebagai “kejadian yang lebih mengerikan.”

“Kekejaman ini, serta pembangkangan terang-terangan terhadap hukum dan sistem internasional, tidak dapat diterima,” katanya dalam sebuah postingan di X.

“#GazaGenocide‌ tidak akan berakhir dengan mudah tanpa tekanan dari luar: Israel harus menghadapi sanksi, keadilan, penangguhan perjanjian, perdagangan, kemitraan dan investasi, serta partisipasi dalam forum internasional,” lanjutnya.

BACA JUGA : 5 Fakta Jelang Putusan Praperadilan Pegi: Kuasa Hukum Yakin Menang, Hakim Ungkap Janji

– Anggota Kongres AS

Anggota Kongres AS,  Ro Khanna mendesak Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu untuk menghentikan agresi terhadap kota Gaza selatan.

“Netanyahu harus segera menghentikan serangan militer ke Rafah,” kata Khanna dalam postingannya di X.

“Hilangnya nyawa tak berdosa secara mengerikan saat ini akibat pemboman sebuah kamp pengungsi menggarisbawahi pentingnya moral untuk menghentikan kampanye Rafah,” kata Khanna, seorang Demokrat progresif dari California.

– Mantan Menteri Skotlandia, Humza Yousaf

Mantan Menteri Skotlandia, Humza Yousaf menyebut beberapa hari setelah ICJ memerintahkan Israel untuk menghentikan serangan militernya di Rafah, pemerintah Israel mengebom orang-orang yang mengungsi yang tinggal di tenda-tenda.

“Pria, wanita, dan anak-anak yang tidak bersalah dipotong-potong dan dibakar hidup-hidup. Apakah Anda berada di pihak yang benar dalam sejarah?,” ucapnya.

– Menlu Norwegia, Spanyol, dan Irlandia

Tiga menteri Eropa menyatakan bahwa serangan di Rafah melanggar hukum kemanusiaan dan internasional.

Menteri Luar Negeri Spanyol, Norwegia, dan Irlandia, tiga negara yang secara resmi akan mengakui Palestina sebagai sebuah negara pada hari Selasa (21/5/2024).

Ketiganya berpidato dalam pertemuan di kedutaan Spanyol di Brussels pada hari Senin (27/5/2024) terkait situasi di Rafah.

Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide berkata, “Saya rasa kami bertiga selama berbulan-bulan telah mengatakan bahwa kami khawatir gaya perang Israel di Gaza telah melanggar hukum kemanusiaan internasional. Sekarang kami tahu”.

Menteri Luar Negeri Irlandia mengutuk serangan tadi malam terhadap sebuah kamp tenda di Rafah sebagai tindakan yang “biadab.”

“Gaza adalah daerah kantong yang sangat kecil, padat penduduk,” katanya.

“Kami akan mendesak Israel untuk berhenti, berhenti sekarang, dalam hal operasi militer di Rafah.”

Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Albares, berbicara pada konferensi pers di Spanyol bersama rekan-rekannya dari Irlandia dan Norwegia mengatakan, “Pemboman kemarin [di Rafah] adalah satu hari lagi dengan terbunuhnya warga sipil Palestina yang tidak bersalah.”

BACA JUGA : Remaja di Malang Tewas di Rumah, Adik Sempat Selimuti Kakak yang Sudah Dingin, Ibu Tersandung Jasad

– Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell

Pernyataan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell:

“Dan yang lebih penting, yang lebih penting lagi, adalah keputusan Mahkamah Internasional, yang merupakan inti dari keadilan internasional. Agar dapat bertindak di tingkat nasional, hal ini merupakan inti dari PBB. Piagam,” kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell.

Borrell menekankan bahwa harus ada rasa hormat terhadap implementasi keputusan Pengadilan, yang tidak dilakukan oleh “Israel”.

“Israel” melanjutkan serangannya setelah diminta untuk berhenti.

– Pejabat Perancis

Politisi Perancis meminta pemerintah untuk mengambil tindakan menyusul pemboman Israel terhadap kamp pengungsi di kota Rafah di Gaza selatan pada hari Minggu (26/5/2024).

Setelah serangan tersebut, gambar-gambar dari kamp tersebut dengan cepat beredar di media sosial.

Sejumlah politisi oposisi ikut menyuarakan kemarahan mereka di platform media sosial mereka, dan mengutuk tindakan pemerintah Israel.

Mantan wakil Majelis Nasional Prancis, Jean-Luc Melenchon, menggambarkan peristiwa di Rafah sebagai hal yang “mengerikan”.

Melenchon menuduh Presiden Prancis Emmanuel Macron “tidak berbuat apa-apa” terkait kejadian di wilayah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI