RI Bela Palestina, Media Asing Ramai Bilang Begini

RI Bela Palestina, Media Asing Ramai Bilang Begini

Berita Nana4D – Warga RI ramai membanjiri Monumen Nasional (Monas) pada pekan lalu, untuk melakukan aksi bela Palestina. Hal ini disoroti beragam media asing, mulai dari Arab, Amerika Serikat (AS), hingga tetangga Singapura.

The Strait Times yang merupakan media Singapura membuat artikel dengan judul “Indonesians join peaceful rally in Jakarta in solidarity with Palestine”. Puluhan ribu orang dilaporkan berkumpul di Monas dan menyatakan solidaritas terhadap Palestina di tengah konflik di Timur Tengah.

The Strait Times mengatakan aksi publik itu menjadi yang terbesar di Indonesia sejak pecahnya perang Israel-Hamas. Warga RI bela Palestina digambarkan mengenakan jubah putih dan syal Palestina hitam-putih serta mengibarkan bendera Palestina.

Disebut pula bagaimana warga meneriakkan “Tuhan Maha Besar” dan “Bebaskan Palestina”. Warga RI juga kompak menuntut pasukan Israel mengakhiri pengepungan mematikan di Gaza.

Baca Juga : Pesan Sadis Netanyahu Usai Israel Tembus ‘Jantung’ Gaza

“Rekaman aksi pengeboman di Gaza terpampang di layar,” kata media tersebut menggambarkan situasi yang terjadi, dikutip CNBC Indonesia, Minggu (12/11/2023).

“Tokoh-tokoh Muslim secara bergiliran menyampaikan pidato di atas panggung di alun-alun Monumen Nasional (Monas), menyerukan antara lain, boikot barang-barang Israel dan penyelidikan permusuhan Israel di Gaza di pengadilan internasional,” tambahnya.

Arab News juga memuat hal sama. Media itu membuat judul “Solidarity for humanity’: Hundreds of thousands rally in Jakarta to support Palestine”.

“Indonesia telah menjadi pendukung setia Palestina selama beberapa dekade, di mana masyarakat dan pihak berwenang memandang kemerdekaan Palestina sebagai sebuah mandat dari konstitusi mereka sendiri, yang menyerukan penghapusan kolonialisme,” tulis media itu.

“Sejak awal operasi Israel di Gaza setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, masyarakat Indonesia telah turun ke jalan dalam protes skala kecil untuk menunjukkan dukungan mereka, dan para aktivis menyatakan bulan November sebagai Bulan Solidaritas Palestina,” muat media Arab itu.

Dilaporkan bagaimana aksi lintas agama itu diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Disebut pula bagaimana tak hanya umat Muslim yang turun, tapi juga Kristen hingga Buddha.

Baca Juga : Tampang Pelaku Pembunuhan Karyawan MRT Jakarta, Terancam Hukuman Mati

“Setiap 10 menit, seorang anak terbunuh di Gaza. Ribuan orang tua kehilangan anaknya, ribuan anak kehilangan orang tuanya,” tulis media itu mengutip Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang juga hadir dan berpidato.

“Saya dan Indonesia, saya tidak akan pernah mundur untuk membantu. Aku dan Indonesia-ku akan selalu bersamamu sampai penjajah meninggalkan rumahmu. Palestina, kamu adalah saudaraku. Dan aku, dan Indonesia-ku, akan selalu bersamamu,” kutip media tersebut ke Retno lagi.

Sementara itu, Al-Jazeera juga memuat hal yang sama. Namun demonstrasi di Jakarta, dimuat bersama sejumlah protes sama di banyak negara dunia, dalam artikel “Tens of thousands march across the world for Gaza ceasefire”.

“Orang-orang turun ke jalan untuk solidaritas ke Palestina, di AS, Indonesia, Pakistan, menuntut perang selesai,” tegas media Qatar itu dalam rangkumannya.

“Orang-orang memenuhi komplek Monumen Nasional (monas) untuk menghadiri aksi mendukung warga Palestina di Gaza, di Jakarta, Indonesia,” tambah media itu dalam keterangan foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI