Rusia Gelar 27 Serangan Presisi Dalam Sepekan, 62 Pembangkit Listrik Ukraina Tidak Berfungsi

Rusia Gelar 27 Serangan Presisi Dalam Sepekan, 62 Pembangkit Listrik Ukraina Tidak Berfungsi

BERITA NANA4DUkraina menghitung kerusakan akibat serangan besar-besaran yang digelar Rusia selama sepekan.

Perdana Menteri Ukraina Denis Shmygal dalam telethonnya mengungkapkan sebanyak 62 pembangkit listrik tenaga panas dan tenaga air tidak berfungsi.

Ia mengungkap sebanyak 42 pembangkit listrik mengalami hancur total tak bisa diperbaiki. “Sedangkan 20 unit PLTA mengalami kerusakan parah,” kata Shmygal dikutip dari Strana, Sabtu (8/6/2024).

BACA JUGA : Kejahatan Siber Meningkat, Mabes TNI Minta Para Prajurit Tak Terjerumus Judi Online dan Sebar Hoax

Sementara di Kiev saja konsumsi AC memakan energi sebanyak 350 megawatt dan menjadi setengah beban dari seluruh konsumsi listrik.

Sementara itu, Rusia terus mengintai sejumlah infrastruktur militer Ukraina.

Penyerangan ini dilakukansebagai pembalasan atas upaya Kiev untuk merusak fasilitas energinya.

“Pada tanggal 1-7 Juni tahun ini, Angkatan Bersenjata Rusia melancarkan 27 serangan gabungan dengan senjata presisi berbasis darat, yang diluncurkan dari udara dan lintas laut serta menyerang kendaraan udara tak berawak, menghantam lokasi energi yang memastikan pengoperasian perusahaan industri militer Ukraina sebagai pembalasan terhadap upaya rezim Kiev untuk menimbulkan kerusakan pada fasilitas energi Rusia,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dikutip dari TASS.

BACA JUGA : Eks Napi Ini Ungkap Pengakuan Terpidana Kasus Vina Cirebon, ‘Mereka Curhat, Takut Bicara Sebenarnya’

Selain fasilitas energi, Rusia juga menargetkan gudang senjata Barat, depot drone angkatan laut, pasukan Ukraina, dan tentara bayaran asing selama seminggu, menurut laporan kementerian.

“Selain itu, serangan tersebut menargetkan gudang senjata dan amunisi Barat, persenjataan rudal/artileri dan depot drone angkatan laut, dan juga lokasi penempatan sementara unit tentara Ukraina dan tentara bayaran asing. Tujuan dari serangan tersebut tercapai. Semua target yang ditentukan dihancurkan,” kata Kemhan Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI