Sosok Putri Leonor Pewaris Kerajaan Spanyol Berumur 18 Tahun

Sosok Putri Leonor Pewaris Kerajaan Spanyol Berumur 18 Tahun

Berita Nana4D – Putri Leonor, pewaris takhta Spanyol, telah mengucap sumpah setia pada kerajaan dalam sebuah upacara di kongres Spanyol, tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-18 pada Selasa lalu. Upacara pengambilan sumpah itu disaksikan oleh orang tuanya, Raja Felipe dan Ratu Letizia, saudara perempuannya, Sofía, dan penjabat perdana menteri Spanyol, Pedro Sánchez. Kakeknya Juan Carlos, mantan raja yang mengasingkan diri, tidak hadir.

Mengutip Reuters, upacara di parlemen menandai bertambahnya usia Leonor, yang berarti dia akan langsung menjadi ratu setelah ayahnya Raja Felipe VI, yang tidak memiliki anak laki-laki.

Sang putri bersumpah untuk menegakkan hukum, menghormati hak-hak warga negara dan wilayah, serta setia kepada raja.

Janji kesetiaan Putri Leonor pada Konstitusi Spanyol dilakukan 37 tahun setelah ayahnya mengambil sumpah yang sama pada ulang tahunnya yang ke-18 pada tanggal 30 Januari 1986. Felipe naik takhta pada tahun 2014 setelah ayahnya turun tahta di tengah anjloknya popularitas.

Baca Juga : Jokowi Resmi Rombak Gaji PNS dan PPPK, Hak Jadi Diperbanyak!

Kendati begitu, upacara pengambilan sumpah Putri Leonor mendapat penolakan dari politisi sayap kiri dan separatis, yang menegaskan perpecahan dalam monarki. Penjabat menteri kesetaraan, hak-hak sosial dan urusan konsumen – ketiganya berasal dari mitra koalisi junior sayap kiri Unidas Podemos – menolak hadir, dengan mengatakan bahwa kepala negara yang diwariskan dan tidak dipilih adalah tidak demokratis.

Sosok Putri Leonor

Leonor lahir dari pasangan Felipe dan Letizia, yang saat itu adalah Pangeran dan Putri Asturias, pada 31 Oktober 2005. Sang putri lahir pada masa pemerintahan kakek dari pihak ayahnya, Raja Juan Carlos I. Kelahirannya diumumkan oleh keluarga kerajaan kepada pers melalui SMS.

Leonor awalnya bergelar “Yang Mulia Putri Leonor dari Spanyol”. Setelah ayahnya naik takhta, ia mendapat gelar sebagai “Yang Mulia Putri Asturias” sebagai pewaris takhta Spanyol.

Ia juga menyandang gelar Putri Girona, Putri Viana, Duchess of Montblanc, Countess of Cervera, dan Lady of Balaguer.

Leonor pernah bersekolah di Wales, Inggris dan memulai pelatihan militer selama tiga tahun di Spanyol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI