Sri Mulyani Ungkap 3 Biang Kerok Inflasi

Sri Mulyani Ungkap 3 Biang Kerok Inflasi

Berita Nana4D – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkap 3 biang kerok pendorong inflasi di Indonesia. Biang kerok itu adalah; beras, cabai, dan gula pasir.

“Beras, cabai, gula pasir jadi 3 faktor yang memberikan kontribusi sangat besar,” katanya dalam rapat koordinasi pengendalian inflasi di Kementerian Dalam Negeri, Senin (6/11).

Nah, untuk meredam dampak yang ditimbulkan oleh inflasi yang dipicu tiga biang kerok itu, ia mengatakan APBN akan melakukan intervensi. Salah satu intervensi dilakukan dengan anggaran ketahanan pangan sebesar Rp104 triliun.

Baca Juga : IPhone 15 Pro Max ‘Gendong’ Apple Hingga Capai Rekor

Selain itu, intervensi juga dilakukan dengan anggaran perlindungan sosial sebesar Rp476 triliun yang digelontorkan demi menjaga daya beli masyarakat.

“APBN sekarang melakukan dan fokus memperbaiki dalam bentuk penebalan bansos. Karena dengan Rp476 triliun kita masih menambah lagi dampak dari El Nino. Jadi kemarin kita umumkan menambah perlindungan sosial bagi masyarakat miskin dan rentan dengan menambahkan 10 kg kepada 21,3 juta KPM,” katanya.

BPS mencatat inflasi Oktober 2023 sebesar 2,56 persen secara tahunan (year on year/yoy). Sedangkan inflasi bulanan terealisasi 0,17 persen.

Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan inflasi naik terutama dipicu oleh cabai merah, cabai rawit, dan gula pasir,

Ia mengatakan hampir semua kabupaten/kota di Jawa dan Sumatera mengalami kenaikan di cabai rawit dan cabai merah.

“Harga gula pasir tahun ini jauh lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI