Tentara Israel Paksa Keluarga Palestina Tinggalkan Nenek Usia 94 tahun, Nasibnya Kini Tak Diketahui

Tentara Israel Paksa Keluarga Palestina Tinggalkan Nenek Usia 94 tahun, Nasibnya Kini Tak Diketahui

BERITA NANA4D – Nasib seorang nenek berusia 94 tahun di Gaza kini tidak diketahui setelah tentara Israel menyerbu rumahnya dan menyuruh semua anggota keluarganya untuk evakuasi dan meninggalkannya.

Naifa Rizq al-Sawada sebelumnya tinggal di sekitar Kompleks Medis Al-Shifa di sebelah barat Kota Gaza.

Namun Sawada kini ditinggal seorang diri, Middle East Eye melaporkan.

BACA JUGA : Aghnia Punjabi Ungkap Anak Dianiaya Babysitter Lebih dari 30 Menit

Padahal, Sawada menderita Alzheimer.

Ia tidak bisa berjalan maupun berbicara.

Keluarganya khawatir dia mungkin ditahan di gedung aparteman rumahnya sebelum dibom atau digunakan sebagai tameng manusia oleh tentara Israel di dalam Rumah Sakit Al-Shifa.

Putrinya, Maha Al-Nawati, menceritakan kepada Middle East Eye peristiwa yang terjadi pada hari Kamis (21/3/2024) itu.

“Kami semua tinggal di satu gedung yang terdiri dari unit apartemen berbeda, dan ibu saya punya apartemen sendiri.”

“Namun selama perang, saudara laki-laki saya, istri, dan anak-anaknya pindah untuk tinggal di apartemennya bersamanya,” kata Nawati, 69 tahun.

“Mereka biasa membawanya setiap kali mereka harus mengungsi.”

“Ketika pasukan Israel menyerbu daerah al-Shifa, saudara laki-laki saya dan keluarganya akan membawa ibu saya dan pindah ke rumah saudara perempuan saya di lingkungan Tuffah [timur Gaza].”

“Dan ketika tentara Israel menyerbu lingkungan Tuffah, mereka semua akan pindah bersama saudara perempuan saya ke daerah al-Shifa.”

“Tetapi invasi ini terjadi sekitar jam 2 pagi, mereka tidak bisa mengungsi atau pindah kemana pun.”

Nawati sudah lebih dulu mengungsi dari Gaza dan saat ini tinggal di Mesir.

Ia mengatakan bahwa saudara laki-lakinya dan istrinya mengatakan bahwa mereka terpaksa meninggalkan ibunya saat mereka mengungsi ke bagian selatan dan timur Jalur Gaza.

“Bangunan itu penuh dengan pengungsi. Tentara menyerbu dan memisahkan laki-laki dari perempuan. Mereka membawa laki-laki dan mengusir mereka dari gedung, lalu menyuruh perempuan untuk mengungsi ke selatan.”

Setelah menggeledah anggota keluarga tersebut, tentara memerintahkan mereka untuk mengungsi ke bagian timur Kota Gaza.

BACA JUGA : Alasan Sandra Dewi Belum Bisa Jenguk Harvey Moeis di Rutan

“Istri dari saudara laki-laki saya mengatakan kepada seorang petugas Israel, ‘Ini ibu saya, saya akan membawanya bersama saya.’ Tentara itu menjawab, ‘Tidak, pergi sekarang dan kami akan menjaganya,” lanjutnya.

“Mereka semua pergi dan ibu saya tinggal di sana.”

“Kami tidak tahu apa yang terjadi selanjutnya.”

Pengungsi Palestina berkumpul di halaman rumah sakit Al-Shifa Gaza pada 10 Desember 2023, ketika pertempuran terus berlanjut antara Israel dan kelompok militan Hamas di wilayah Palestina. Ratusan tenda darurat berdiri di lokasi terpencil di kaki reruntuhan rumah sakit Al-Shifa di Kota Gaza, tempat setidaknya 30.000 orang mengungsi di antara tumpukan puing dan sampah setelah pasukan Israel menggerebek fasilitas medis tersebut bulan lalu, seorang koresponden AFP melaporkan dari rumah Sakit.

Sejak dimulainya serangan militer baru di Kompleks Medis Al-Shifa pada hari Kamis, tentara Israel telah menyerang lingkungan dan bangunan tempat tinggal di sekitar area rumah sakit itu.

Mereka memaksa penghuninya untuk mengungsi ke bagian selatan wilayah tersebut, sebelum melakukan pengeboman atau pembakaran terhadap sebagian besar rumah mereka di daerah tersebut.

Menurut laporan Haaretz, petugas Israel yang beroperasi di Jalur Gaza telah menginstruksikan pasukan mereka untuk membakar rumah-rumah warga Palestina tanpa izin hukum.

Warga dan saksi mata mengatakan kepada MEE bahwa tank dan kendaraan militer Israel mengepung daerah tersebut.

Warga tidak diperbolehkan meninggalkan rumah mereka tanpa izin tentara.

Quadcopter bahkan akan melepaskan tembakan ke arah siapa pun yang melihat ke luar jendela.

Ini adalah invasi kedua terhadap kompleks medis Al Shifa sejak awal serangan militer besar-besaran Israel di Gaza.

Invasi pertama terjadi pada 14 November lalu dan berlangsung sekitar 10 hari.

Di dalam rumah sakit, tentara Israel membunuh, melukai, dan menahan ratusan warga Palestina, termasuk profesional kesehatan, pasien, dan pengungsi yang berlindung di gedung dan halaman rumah sakit.

Saksi mata melaporkan bahwa petugas Israel menggunakan beberapa warga sipil Palestina sebagai tameng manusia saat mereka menyerbu dan menggeledah gedung rumah sakit.

Salah satu cucu perempuan Sawada mengatakan kepada MEE tentara memberi tahu keluarganya, mereka akan membawa neneknya ke Rumah Sakit al-Shifa.

Namun tidak ada bukti bahwa sang nenek dibawa ke sana, karena dia masih ditahan di rumah ketika keluarganya pergi.

“Beberapa orang mengatakan kepada kami bahwa mereka melihat tentara membawanya keluar gedung menuju Rumah Sakit al-Shifa, namun kami tidak yakin apakah ini benar.” kata Nawati.

“Orang-orang juga memberi tahu kami bahwa tentara mengebom gedung tersebut setelah orang-orang di sana dipaksa mengungsi.”

“Kami tidak berdaya, kami tidak bisa melakukan apa pun untuknya.”

BACA JUGA : Suami Jadi Tersangka, Sandra Dewi Sakit dan Jalani Operasi Ambeien Stadium Empat

“Rasa sakit ini sangat membebani hati kami. Kami hanya ingin tahu apakah tentara memang membawanya, atau dia ditinggal sendirian di rumah. Kami ingin tahu apa pun tentang dia.”

“Tidak bisa melakukan apa-apa sendiri”

Karena usia Naifa Rizq al-Sawada yang sudah renta dan berbagai penyakit yang dideritanya, keluarganya mengatakan kesehatan fisik dan mentalnya memburuk selama beberapa tahun terakhir.

Dia saat ini tidak dapat melakukan apa pun sendiri.

“Ibuku tidak bisa bergerak, makan, atau minum sendirian,” jelas Nawati.

“Ketika dia tidur, kami biasa membalikkannya ke kiri dan ke kanan agar tubuhnya tidak timbul bisul.”

“Dia tidak bisa pergi ke kamar mandi sendirian, kami biasa membantunya.”

“Dia bahkan tidak bisa berbicara sekarang; Kalau ditanya siapa namanya, dia tidak akan bisa menjawab.”

“Selama perang ini dan karena kelangkaan pangan, saudara laki-laki saya dan keluarganya biasanya memprioritaskannya.”

“Saudara laki-laki saya akan memastikan bahwa mereka mempunyai cukup makanan untuknya bahkan sebelum anak-anaknya.”

Sejak perintah evakuasi paksa Israel terhadap penduduk Kota Gaza dan Jalur Gaza bagian utara pada tanggal 13 Oktober, militer Israel memberlakukan pengepungan ketat di wilayah tersebut.

Israel sangat membatasi masuknya bantuan internasional, dan menargetkan penduduk yang berupaya untuk kembali ke rumah mereka dari bagian selatan.

Orang-orang lanjut usia di wilayah pesisir menjadi pihak yang paling menderita, dan banyak di antara mereka yang menjadi sasaran eksekusi di lapangan.

“Saya tidak tahu apa yang ingin dilakukan tentara terhadapnya? Dia adalah seorang wanita tua yang tidak bisa berbuat apa-apa, mengapa mereka membawanya? Mengapa mereka tidak membiarkannya pergi bersama putra dan istrinya untuk mengungsi ke selatan?” tanya Nawati.

Sekitar 7 persen dari hampir 33.000 warga Palestina yang terbunuh di Jalur Gaza sejak 7 Oktober adalah orang lanjut usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI