Ukraina Transfer Pasukan Cadangan di Kharkov, Berjaya di Volchansk, Tapi Kocar-kacir di Wilayah Lain

Ukraina Transfer Pasukan Cadangan di Kharkov, Berjaya di Volchansk, Tapi Kocar-kacir di Wilayah Lain

BERITA NANA4DUkraina diduga kuat ingin mempertahankan Kharkov (Kharkiv) hingga menggunakan pasukan cadangan ke wilayah itu.

Pada Selasa (4/6/2024) pasukan Volodymyr Zelensky dikabarkan mendapatkan kembali posisinya di Volchansk.

Para ahli Amerika Serikat mengatakan, posisi terbatas didapatkan oleh tentara Ukraina.

“Rekaman menunjukkan pasukan Ukraina telah merebut kembali posisi di sepanjang Jalan Dukhovna di pusat Volchansk. Rekaman geolokasi tambahan yang dirilis pada tanggal 3 Juni menunjukkan pasukan Rusia dan Ukraina terlibat dalam pertempuran tangan kosong di sepanjang Jalan Dukhovna, menunjukkan bahwa pasukan Ukraina melakukan serangan balik.” lapor Institut Studi Perang (ISW) dikutip Strana.

BACA JUGA : Luhut Soal Mundurnya Dua Bos Otorita IKN: Mereka Nggak Bisa Bikin Keputusan

Posisi pendudukan di peta operasi militer Ukraina tidak berubah. Namun banyak sumber – termasuk sumber Rusia – mengatakan bahwa Ukraina telah mentransfer cadangan ke arah Kharkov dan secara aktif melakukan serangan balik.

Di utara wilayah Kharkov, pertempuran posisi berlanjut dengan kemajuan minimal dari pihak-pihak tersebut.

Institut Studi Perang menulis bahwa pasukan Rusia baru-baru ini melancarkan serangan yang dikonfirmasi ke arah Liptsy. Mereka maju menuju gedung-gedung di sepanjang Jalan Studencheskaya di barat laut Glubokoe (utara Liptsy).

Mendapatkan kemajuan di Kharkov, Ukraina justru kocar-kacir di wilayah setingkat provinsi lainnya.

Ukraina menyebutkan serangan Rusia berlanjut di Karlovka, wilayah Donetsk, sebelah barat Netailovo ke arah Pokrovsky.

Publik Deep State, yang menganalisis video kelompok Khortitsa, menyimpulkan bahwa pasukan Rusia sudah berada di bagian timur Karlovka.

“Meskipun gambarannya menunjukkan bahwa kekalahan terjadi di daerah Netailovo, ini sudah menjadi dacha Karlovka. Sudah bisa ditebak, namun di area tersebut sulit menahan musuh dan kemungkinan besar tidak akan bertahan lama hingga garis pertempuran menyentuh waduk,” tulis saluran telegram tersebut.

Media-media Rusia menerbitkan cuplikan bendera mereka di pusat Paraskovievka, sebuah desa di selatan Maryinka.

BACA JUGA : PDIP Pastikan Hasto Penuhi Panggilan KPK terkait Buronan Harun Masiku Pekan Depan

Beberapa blogger menulis bahwa desa tersebut telah sepenuhnya direbut, tetapi hal ini belum dikonfirmasi di Ukraina.

Publik Deep State menunjukkan bahwa seluruh wilayah desa berada di zona abu-abu. Serangan terhadap Paraskovievka dimulai setelah penaklukan Novomikhailovka. Di sini arah serangan utama adalah desa Konstantinovka yang terletak di sebelah barat.

Jika Rusia merebutnya, akan ada ancaman bahwa mereka akan memasuki bagian belakang kelompok pasukan Ukraina di wilayah Ugledar, dan front ofensif tentara Rusia di selatan Donetsk secara umum akan meluas.

Pasukan Ukraina menembaki posisi tentara Rusia dengan meriam di Kharkov

Sementara itu pertempuran sengit juga terjadi di wilayah Kupyansk.

Militer Ukraina mengklaim kerugian besar akibat serangan di dekat Kupyansk, dan menuduh komando melakukan “tindakan penyerangan gegabah, perencanaan dan pelaporan informasi operasional yang salah, dan meremehkan kekuatan dan sarana musuh.”

Prajurit Oleg Tkachenko mengatakan di jejaring sosial bahwa sekelompok personel militer diperintahkan untuk menyerbu desa Ivanovka.

Intelijen menyampaikan bahwa ada 10-15 tentara Rusia di sana tanpa kendaraan lapis baja. Mereka berjanji untuk menekan drone menggunakan peperangan elektronik.

Namun kenyataannya: di desa tersebut terdapat sekitar 100-150 tentara musuh, dua kendaraan tempur infanteri, yang didukung oleh satu tank. Peperangan elektronik yang dijanjikan tidak ada, yang ada hanyalah keunggulan drone musuh di langit.

“Akibatnya: 5 prajurit tewas seketika, beberapa di antaranya justru karena UAV musuh menjatuhkan amunisi, 11 orang terluka,” lapor Tkachenko.

Di bawah serangan tanpa jeda, tanpa benteng, para penyintas mengambil jenazah mereka, tetapi mengevakuasi mereka hanya pada hari keempat setelah panggilan ke manajemen senior dan publisitas tentang situasi tersebut.

Tentara Ukraina berusaha menembak drone Rusia

Tkachenko menyebutkan nama dan menerbitkan foto orang mati.

112 Penyerangan

Sementara media Rusia TASS melaporkan bahwa sepanjang Selasa kemarin Rusia menyerang sebanyak 112 wilayah selama sehari terakhir dalam operasi militer khusus di Ukraina

“Pesawat operasional/taktis, kendaraan udara tak berawak, pasukan rudal dan artileri kelompok pasukan Rusia menimbulkan kerusakan pada personel musuh dan peralatan militer di 112 wilayah,” sebut Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

Tentara Putin menyerang lima brigade Ukraina di daerah Kharkov selama sehari terakhir
Pasukan Rusia menyerang lima brigade tentara Ukraina dan menangkis tiga serangan balik musuh di wilayah Kharkov selama sehari terakhir, kementerian melaporkan.

Unit-unit Battlegroup Utara terus maju jauh ke dalam pertahanan musuh. Selama periode 24 jam terakhir, mereka menimbulkan kerusakan pada tenaga kerja dan peralatan pasukan mekanik ke-42, infanteri bermotor ke-57, serangan udara ke-82, infanteri laut ke-36, dan brigade pertahanan teritorial ke-125 tentara Ukraina di daerah dekat pemukiman Zhovtnevoye, Liptsy, Stary Saltov dan Vysokaya Yaruga di Wilayah Kharkov.

BACA JUGA : Presiden AS Joe Biden Tak Hadir dalam KTT Perdamaian di Swiss

“Mereka berhasil memukul mundur tiga serangan balik yang dilakukan oleh kelompok penyerang dari brigade serangan udara ke-82, jaeger ke-71, dan Garda Nasional Ukraina ke-13,” rilis Kemhan Rusia.

Kerugian tentara Ukraina di arah Kharkov selama 24 jam terakhir berjumlah 105 personel, tiga kendaraan bermotor, sebuah peluncur rudal permukaan-ke-udara Osa, howitzer M777 155mm buatan AS, dan howitzer D-30 122mm, jelasnya.

Rusia juga mengklaim, tentara Ukraina kehilangan sekitar 400 tentara dalam pertempuran dengan pasukan Rusia di wilayah Kupyansk selama sehari terakhir, kementerian melaporkan.

Unit-unit Battlegroup Barat Rusia memperoleh wilayah yang lebih baik dan menimbulkan korban jiwa pada formasi brigade mekanik ke-28 dan brigade tank ke-4 tentara Ukraina di daerah dekat pemukiman Stepovaya Novosyolovka dan Boguslavka di Wilayah Kharkov. Selain itu, mereka menangkis serangan balik kelompok penyerang musuh di dekat pemukiman Nevskoe di Republik Rakyat Lugansk.

“Kerugian tentara Ukraina berjumlah 400 personel, tiga pengangkut personel lapis baja, delapan kendaraan bermotor, tiga howitzer D-20 152 mm, satu howitzer 2A65 Msta-B 152 mm, dan sistem artileri bermotor Gvozdika 122 mm 2S1,” kata kementerian itu.

Tentara Ukraina kehilangan lebih dari 470 tentara dalam pertempuran dengan pasukan Rusia di wilayah Donetsk selama sehari terakhir, kementerian tersebut melaporkan.

“Unit-unit Kelompok Pertempuran Selatan meningkatkan posisi terdepan mereka dan menimbulkan kerusakan pada tenaga kerja dan peralatan brigade mekanis ke-28 dan ke-54, serangan ke-5, dan mobil udara ke-46 tentara Ukraina di daerah dekat pemukiman Seversk, Dleyevka, Konstantinovka dan Ostroye di Republik Rakyat Donetsk. Musuh kehilangan lebih dari 470 personel, dua kendaraan tempur infanteri, tiga kendaraan bermotor dan howitzer 152mm 2A65 Msta-B,” kata kementerian itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI