Intip Rahasia Panjang Umur di Penjuru Dunia, Salah Satunya Tidur Siang

Intip Rahasia Panjang Umur di Penjuru Dunia, Salah Satunya Tidur Siang

Banyak yang bertanya-tanya apa yang bisa dilakukan agar menua dengan sehat. Simak rahasia panjang umur dari berbagai negara di dunia berikut ini.

Menua erat dikaitkan dengan tubuh renta, terkena penyakit kronis, dan tidak bisa menikmati hidup. Padahal, ada sejumlah orang yang usianya sampai menyentuh angka 100 dan tetap sehat.

Apa rahasianya? Melansir dari Listverse, Anda bisa mempraktikkan cara hidup orang-orang panjang umur dari beberapa negara di dunia.

1. Minyak zaitun – Yunani dan Italia

Kuliner di Yunani dan Italia banyak memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun ditemukan di berbagai makanan dan minuman termasuk salad dan roti.

Minyak zaitun bukan hanya soal lemak sehat alias lemak tak jenuh tapi juga antioksidannya. Antioksidan mampu memerangi radikal bebas penyebab penuaan dini.

2. Ikigai – Jepang

Ikigai merupakan filosofi yang memadukan gairah, misi, panggilan, dan profesi. Ikigai terdiri dari ‘iki‘ yang berarti kehidupan dan ‘gai‘ yang berarti nilai. Dengan kata lain, ikigai merujuk pada alasan orang hidup mulai dari bangun pagi.

Di sini orang diajak untuk menyelaraskan gairah dengan apa yang dibutuhkan dunia, apa yang membuat Anda punya penghasilan dan apa yang Anda kuasai.

Bayangkan tiap pagi Anda bangun dengan semangat karena tahu tujuan hidup dan apa yang ingin dilakukan.

3. Menyesap wine – Prancis, Italia, Spanyol

Negara-negara Barat seperti tidak lepas dengan anggur merah alias wineWine berbeda dengan minuman alkohol lain. Minuman ini memang bisa memabukkan, tapi dalam porsi tertentu justru jadi rahasia panjang umur.

Orang Prancis melihat wine sebagai jalan menuju usia matang yang sehat dan jauh dari penyakit kardiovaskular. Pun demikian dengan orang Italia yang menganggap wine bisa menjauhkan mereka dari dokter.

Orang Spanyol punya rahasia panjang umur lewat menikmati wine bersama teman dan saudara. Mereka punya pepatah ‘Salud, amor, y pesetas, y el tiempo para gozarlos‘ yang berarti kesehatan, cinta, dan uang serta waktu untuk menikmatinya.

4. Hara hachi bu – Jepang

Rahasia kuno orang Jepang untuk terlihat langsing dan berumur panjang adalah hara hachi buHara hachi bu merupakan seni bersantap hanya 80 persen kenyang.

Mempraktikkan hara hachi bu membuat Anda jauh dari kelebihan makan. Anda tetap bisa merasa puas diiringi dengan pengendalian diri yang tepat.

5. Ayurveda – India

India mengenal sistem tradisional Ayurveda untuk menyeimbangkan pikiran, tubuh, dan jiwa. Ayurveda tak hanya soal yoga atau minum teh, tapi juga praktik meracik ramuan herbal yang alami.

6. Sauna – Finlandia

Di banyak budaya, sauna sudah lama dipraktikkan. Salah satunya di Finlandia.

Di sana, orang bersantai sembari mengeluarkan keringat. Buat orang Finlandia, sauna adalah cara hidup.

Tak hanya Finlandia, Rusia dan Jepang juga memasukkan sauna sebagai bagian dari hidup. Sesi sauna mampu melancarkan peredaran darah, membersihkan pori, dan tubuh lebih segar.

7. Siesta – Spanyol

Tidur siang sudah jadi budaya orang Spanyol. Siesta alias tidur siang singkat.

Siesta bukan sekadar istirahat dari kesibukan, tapi tradisi yang menunjukkan kecintaan orang Spanyol terhadap waktu senggang.

Ritme kehidupan melambat saat masuk waktunya siesta. Mereka menepi dari kesibukan dan terik matahari, lalu istirahat sejenak bermodal bantal.

Orang mungkin bakal melakukan sesuatu dengan panas agar tetap bisa beraktivitas. Namun, orang Spanyol merangkul panas itu dan memilih mengisi energi.

8. Pura vida – Kosta Rika

Rahasia panjang umur orang Kosta Rika ada pada pura vida. Frasa ini berarti hidup murni. Pura vida merupakan cara hidup yang menekankan pada kesederhanaan, kegembiraan, dan rasa syukur.

Anda bisa mengucapkan pura vida untuk berkata ‘terima kasih’, ‘sama-sama’, ‘itu hebat’, atau ‘life is good‘. Pura vida bisa mengekspresikan sikap hidup positif.

Orang Kosta Rika mampu menguasai seni hidup bebas stres, menukar kekacauan dengan sikap santai dan riang.

9. Teh – China

Di China, teh jadi sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam hidup. Teh bisa dikatakan tradisi, upacara dan ramuan panjang umur. Minum teh di China seperti masuk dalam suasana ‘surga’.

Dalam upacara minum teh ala China, teh tidak diminum dalam kondisi buru-buru. Semua dilakukan bertahap dan mindful, mulai dari membilas alat seduh, gelas, lalu menyeduh teh.

Prosesnya sendiri seperti sedang bermeditasi yang dikenal mampu menenangkan pikiran. Kemudian tehnya memang mampu mendatangkan manfaat kesehatan.

10. ‘Mengejar’ aurora – Islandia

Islandia dikenal sebagai negara yang dingin dan dipenuhi gletser. Negara satu ini pun jadi salah satu negara sasaran wisatawan untuk melihat northern lights alias aurora.

Untuk tetap bisa menikmati cahayanya, tentu perlu tubuh sehat dan panjang umur. Sebuah motivasi sederhana memang, tapi aurora jadi semangat orang Islandia untuk bisa hidup sehat.

Islandia mempraktikkan hidup serba bersih mulai dari udara bersih dan pemandangan kota yang menakjubkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA NANA4D : BERITA TERBARU DAN TERKINI